Sukses


Perjalanan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021: Tak Kunjung Buka Puasa Medali Emas

Bola.com, Nam Dinh - Puasa medali emas Indonesia di cabang sepak bola putra SEA Games terus berlanjut. Sejak terakhir kali meraih medali emas di SEA Games 1991 Manila, belum pernah ada lagi medali emas yang berhasil dibawa pulang ke Tanah Air dari cabor sepak bola.

Pada edisi SEA Games 2021, Timnas Indonesia U-23 gagal melangkah ke babak final. Egy Maulana Vikri dkk. kalah dari Thailand di babak semifinal.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Kamis (19/5/2022) sore, tim Garuda Muda kalah 0-1 dari Thailand. Gol Thailand tercipta pada babak pertama extra time, tepatnya pada menit ke-95, lewat sepakan keras Weerathep Pomphan.

Kini, Timnas Indonesia U-23 hanya berkesempatan untuk meraih medali perunggu di SEA Games 2021, di mana laga perebutan tempat ketiga itu bakal digelar di My Dinh National Stadium, Hanoi, Minggu (22/5/2022) sore.

Bola.com merangkum kembali perjalanan Timnas Indonesia U-23 sepanjang SEA Games 2021. Simak ulasannya di bawah ini:

2 dari 5 halaman

Mengecewakan di Laga Perdana

Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A pada SEA Games 2021. Bersama dengan sang tuan rumah, Vietnam. Ada pula Myanmar, Timor Leste, dan Filipina di grup itu.

Pada laga perdana babak grup, pasukan Shin Tae-yong sudah dihadapkan pada laga yang berat. Mereka menghadapi tim tuan rumah, Vietnam.

Dalam laga itu, Garuda Muda sempat memberikan perlawanan di babak pertama. Namun, di babak kedua gawang Muhammad Adisatryo kebobolan 0-3.

Kekalahan di laga perdana itu sempat menimbulkan keraguan kepada Rachmat Irianto dan kolega. Padahal Garuda Muda diharapkan jadi pesaing terkuat Vietnam di grup itu.

 

3 dari 5 halaman

Kemudian Bangkit

Setelah kalah dari Vietnan U-23 di laga pembuka, penampilan Timnas Indonesia U-23 sempat membaik. Dalam laga selanjutnya, Garuda Muda menang atas Timor Leste dengan skor 4-1.

Saat menghadapi Filipina, Garuda Muda menang telak dengan skor 4-0. Fase grup SEA Games 2021 ditutup manis, di mana Tim Garuda Muda mengalahkan Myanmar U-23 dengan skor 3-1.

Tiga kemenangan itu membuat Indonesia mengakhiri fase grup dengan menempati posisi kedua. Mereka menemani Vietman melaju ke babak semifinal.

Sayangnya di babak semifinal laju Indonesia dihentikan Thailand. Indonesia masih berpeluang membawa pulang medali perunggu dari SEA Games tahun ini.

4 dari 5 halaman

Tinggal Rebutan Perunggu dengan Malaysia

Setelah melangkah ke semifinal sepak bola SEA Games 2021 dan menghadapi Thailand, langkah Timnas Indonesia U-23 terhenti karena kalah 0-1 dari tim Gajah Putih.

Hal tersebut membuat Tim Garuda Muda tak mungkin lagi mengejar target meraih medali emas SEA Games 2021, medali emas yang sudah dirindukan selama 31 tahun sejak 1991.

Timnas Indonesia U-23 akan bertanding di laga perebutan medali perunggu yang akan digelar di My Dinh National Stadium, Minggu (22/5/2022) sore, tepat sebelum laga final.

Dalam laga tersebut, Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi Malaysia yang juga kalah 0-1 dari Vietnam melalui 120 menit pertandingan.

5 dari 5 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 2021

Khusus konten non sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini. 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Khusus konten sepak bola:

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer