Sukses


Duel Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 Bangkitkan Gairah UMKM

Bola.com, Bekasi - Bergairahnya sepak bola Indonesia setelah COVID-19 mendatangkan berkah untuk kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Kehadiran para suporter di stadion Timnas Indonesia U-19 pada Piala AFF U-19 2022 mendatangkan rezeki berlimpah bagi para pedagang.

Satu di antaranya adalah Hendra Setiawan yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Menurut Hendra, dagangannya laris manis dengan kembalinya suporter untuk laga Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022.

"Alhamdulillah, hari ini sudah laku 30 syal. Paling banyak orang membeli syal dengan harga yang beragam sih. Ada yang murah dan paling mahal, semuanya laku," kata Hendra Setiawan kepada Bola.com.

Untuk syal Timnas Indonesia U-19 terbagi dalam beberapa harga mulai Rp90 ribu hingga Rp200 ribu. Menurut Hendra, perbedaan harga terjadi sesuai dengan bahan yang ada dalam syal.

"Semuanya sih rata. Suporter ada yang beli paling murah, dan yang paling bagus dan mahal juga laku kok," ujar Hendra.

Timnas Indonesia U-19 akan menghadapi Vietnam pada laga pembuka Grup A Piala AFF U-19 2022, Sabtu (2/7/2022) malam WIB. Laga ini sangat krusial buat kedua tim untuk mengincar awal yang baik.

2 dari 5 halaman

Sambut Antusias

Suporter Timnas Indonesia U-19, Akmal Insyan Putra, mengaku senang bisa kembali menonton pertandingan di stadion. Akmal tak ingin melewatkan momentum ini dengan membeli suvenir Timnas Merah Putih.

"Saya beli ini untuk memeriahkan saja. Kebetulan belum punya syal juga. Lagian harganya juga terjangkau," kata Akmal Insyan Putra.

"Saya tadi datang dari Tangsel bareng dua orang teman. Tidak masalah jauh, asal bisa nonton pertandingan," ucap Akmal.

3 dari 5 halaman

Disambut Yel-yel Hingga Suar

Timnas Indonesia U-19 mendapatkan sambutan meriah jelang bertempur melawan Vietnam pada laga Piala AFF U-19 2022, Sabtu (2/7/2022) malam WIB. Pasukan Shin Tae-yong disambut atraksi yel-yel hingga suar.

Timnas Indonesia U-19 mendapatkan sambutan dari kelompok suporter Ultras Garuda. Hampir 500an suporter menyambut dengan yel-yel dan nyanyain yang dipandu oleh drum.

Suasana semakin meriah setelah kelompok suporter Timnas Indonesia U-19 menyalakan suar berwarna merah. Atraksi para suporter menarik perhatian dari masyarakat yang melintas di depan stadion.

4 dari 5 halaman

Bikin Bus Tertahan

Bus yang membawa skuad Timnas Indonesia U-19 sempat tertahan ketika akan memasuki pintu Stadion Patriot Candrabhaga. Selama hampir lima menit, bus kesulitan masuk.

Petugas keamanan kemudian sigap untuk memecah kerumunan masyarakat. Bus akhirnya berjalan pelan dan berhasil masuk sembari diiringi yel-yel suporter.

Atraksi para suporter mendapatkan perhatian dari para pemain Timnas Indonesia U-19 yang melihat dari dalam bus. Mereka juga terlihat melambaikan tangan ke arah suporter.

5 dari 5 halaman

Respons Positif

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyambut positif kembalinya suporter Timnas Indonesia U-19. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu bangga melihat masyarakat bersatu pada mendukung pasukan Shin Tae-yong.

"Memang itulah kebanggan Timnas Indonesia kalau main seperti ini. Memang bangga sayalah kalau main semua tidak ada perbedaan suku golongan tidak ada," kata Mochamad Iriawan.

"Mudah-mudahan mereka yang bermain bisa memberikan yang terbaik karena dicintai sekali oleh suporter Timnas Indonesia ya," ucap Iriawan.

Video Populer

Foto Populer