Sukses


Performa Lini Belakang Timnas Indonesia U-19 Vs Thailand: Sering Blunder, Nyaris Berakhir Anti-Klimaks

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 hanya sanggup bermain imbang tanpa gol menghadapi Thailand dalam laga Grup A Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (6/7/2022) malam WIB.

Ini merupakan hasil imbang kedua yang didapatkan oleh anak asuh Shin Tae-yong. Sebelumnya, Timnas Indonesia U-19 sempat bermain imbang tanpa gol saat menghadapi Vietnam pada laga pertama Grup A.

Kegagalan merebut tiga angka sempurna ini patut disayangkan. Thailand yang digadang-gadang bakal menjuarai turnamen edisi ini tidak bermain semewah yang dibayangkan. Pada babak pertama, Tim Merah-Putih justru lebih banyak melancarkan serangan.

Namun, memasuki babak kedua, Thailand mulai keluar dari persembunyiannya. Beberapa kali serangan yang dilancarkan berhasil menembus tembok pertahanan yang memaksa Cahya Supriadi bekerja keras.

Beruntung, kiper asal klub Persija Jakarta itu tampil brilian sepanjang pertandingan. Ia berhasil mencatatkan lima penyelamatan penting untuk menjaga gawangnya tetap bersih dalam tiga laga yang sudah dijalani Timnas Indonesia U-19.

 

2 dari 5 halaman

Tanpa Tekanan Berarti, tapi...

 

Serangan Thailand U-19 sejatinya tidak semenakutkan tim senior mereka. Anak asuh Salvador Valero Garcia kerap salah mengumpan dan ragu-ragu ketika memasuki sepertiga akhir permainan.

Namun, anehnya lini pertahanan Timnas Indonesia U-19 justru kelimpungan sendiri menghadapi tekanan yang tidak terlalu berarti itu. Marcell Januar dkk. seringkali melakukan blunder yang membuat lawan dengan mudah menjajal kemampuan Cahya Supriadi.

Ini merupakan pekerjaan rumah yang besar bagi Shin Tae-yong pada laga dua tersisa di penyisihan grup. Apalagi mereka dituntut untuk bisa menyapu bersih kemenangan demi menjaga asa ke babak selanjutnya.

 

 

3 dari 5 halaman

Kelelahan Akut, Nyaris Anti-Klimaks

Jika diperhatikan baik-baik, Timnas Indonesia U-19 mulai bermain 'kacau' selepas 60 menit permainan. Fisik pemain terlihat sudah terkuras habis setelah bermain tiga kali dalam tempo enam hari saja.

Dengan kondisi seperti itu, tidak heran bila pertahanan Timnas Indonesia U-19 melakukan kesalahan yang tidak perlu. Mulai dari umpan yang ngawur, kontrol lepas, hingga terlalu lama memegang bola merupakan pemandangan yang harus dilihat.

Pengambilan keputusan yang berantakan ini nyaris membuat pertandingan berjalan anti-klimaks bagi Timnas Indonesia U-19. Beruntung, mereka masih mampu mengamankan satu poin.

 

4 dari 5 halaman

Hasil Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022

2 Juli 2022

Vietnam vs Timnas Indonesia U-19 0-0

4 Juli 2022

Timnas Indonesia U-19 vs Brunei 7-0

(Hokky Caraka 2', 14', 18', 45'+2, Ronaldo Kwateh 11', Arkhan Fikri 20', Alfriyanto Nico 61')

6 Juli 2022

Timnas Indonesia U-19 vs Thailand 0-0

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022

Video Populer

Foto Populer