Sukses


Profil Klub BRI Liga 1 2022 / 2023: Madura United, Kepercayaan Penuh Terhadap Fabio Lefundes, Bisa Tembus Papan Atas?

Bola.com, Pamekasan - Madura United enggan setengah-setengah menghadapi kompetisi Liga 1 2022/2023. Kegagalan bersaing di papan atas pada musim lalu membuat manajemen berkomitmen penuh memberikan keleluasaan bagi pelatih Fabio Lefundes untuk mengatur tim.

Langkah pertama yang dilakukannya mengajak kompatriotnya untuk bergabung bersama Madura United. Tak tanggung-tanggung staf kepelatihan Madura United mulai dari pelatih kiper hingga fisioterapis langsung didatangkan dari Brasil.

Tak hanya itu, Madura United juga membebaskan mantan asisten pelatih Botafogo itu untuk memilih pemain yang dikehendakinya. Alhasil, beberapa nama lawas macam Asep Berlian hingga Andik Rendika Rama angkat kaki dari Pulau Garam.

Meskipun begitu, para penggantinya bukanlah pemain yang bisa dipandang sebelah mata. Lee Yu-jun, Miswar Saputra hingga Esteban Vizcarra menjadi suksesor berkualitas di masing-masing lini.

Hanya saja, racikan baru Lefundes belum sepenuhnya terlihat di Piala Presiden 2022. Madura United gagal melangkah ke fase gugur setelah berada di peringkat empat Grup B dengan raihan lima poin serta tiga kali kebobolan dan tiga kali memasukkan.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pelatih: Fabio Lefundes, Sosok yang Malang Melintang di Asia

Pelatih kelahiran Rio de Janeiro itu bisa dikatakan merupakan sosok yang sudah paham sepak bola Asia. Sejak 2008, Fabio Lefundes sudah bersama klub Al-Raed yang berlaga di Saudi Professional League sebagai pelatih fisik.

Setelahnya, ia sempat menjadi pelatih fisik bagi Jeonbuk Hyundai (Korea Selatan). Bersama klub itu pula, ia sempat merasakan menjadi pelatih kepala walaupun berstatus interim menggantikan Lee Heung-sil pada 2012 silam selama 22 pertandingan.

Tetapi ia kembali menjadi pelatih fisik saat Choi Kang-hee datang pada musim baru. Bersamanya, ia merasakan gelar tertinggi di pentas Asia dengan merebut juara Liga Champions Asia pada 2016.

Lefundes kemudian melanjutkan karier sebagai asisten pelatih di Shandong Luneng (Cina) dan Botafogo (Brasil). Sebelum akhirnya di pertengahan tahun lalu, ia menjabat sebagai pelatih kepala Madura United.

 

3 dari 5 halaman

Alberto Goncalves Tetap Jadi Andalan

Ketiadaan Alberto Goncalves di putaran pertama kompetisi Liga 1 2021/2022, berdampak besar bagi Madura United. Mereka terseok-seok di papan bawah dan nyaris jeblok ke zona degradasi.

Namun, sejak kembalinya dia dari masa peminjaman di Persis Solo, kondisi Madura United membaik. Berada di bawah tangan dingin Fabio Lefundes, pria yang akrab disapa Beto ini menjadi kunci kebangkitan klub asal Pulau Garam itu.

Sumbangsih tujuh gol dan tiga assist berperan besar menyelamatkan Madura United dari mimpi buruk. Klub yang baru berdiri pada 2016 lalu itu pun sukses mengamankan posisi kesembilan di akhir klasemen.

Pada musim yang baru, pemain yang pernah memperkuat Persipura Jayapura ini tentu bakal kembali diandalkan. Namun, Lefundes juga telah mempersiapkan opsi-opsi lain dengan mendatangkan banyak pemain berkualitas di lini depan.

 

 
4 dari 5 halaman

Data Klub

Nama Klub: Madura United

Berdiri: 2016

Prestasi: Peringkat 5 (2017 & 2019)

Posisi Musim Lalu: Peringkat 9

Prediksi Posisi Musim Ini: Papan Tengah

 

 
5 dari 5 halaman

Skuad

Kiper: M. Fawaid Ansory, Fakhurrazi Quba, Rendy Oscario, Miswar Saputra

Bek: Guntur Ariyadi, Novan Sasongko, Fachruddin Aryanto, Kadek Raditya, Dodi Alekvan Djin, Fadilah Nur Rahman, Birrul Walidain, Reva Adi Utama, Cleberson Martins (Brasil)

Gelandang: Jaja (Brasil), Feby Ramzy, Slamet Nurcahyono, Zulfiandi, Ricki Ariansyah, Lee Yu-jun, Lulinha (Brasil), Moch. Kevy Syahertian, Bayu Gatra,

Striker: Alberto Goncalves, Haris Tuharea, Make Aldo Maulidino, Ronaldo Kwateh, Malik Risaldi, Rifaldi Bawuo, Esteban Vizcarra, Pedro Henrique (Timor Leste)

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer