Sukses


Timnas Indonesia U-19 Tak Diajak, Vietnam Gelar Turnamen Lawan Negara ASEAN Jelang Kualifikasi Piala AFC U-20 2023

Bola.com, Hanoi - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) menggelar mini turnamen melawan tim dari negara Asia Tenggara yang akan berlangsung di Binh Duong, Vietnam, pada Agustus 2022. Sayangnya, Timnas Indonesia U-19 tak diundang turut serta.

Menurut laporan Zing, turnamen tersebut akan digelar pada 5-11 Agustus 2022. Timnas Vietnam U-19 akan menghadapi Malaysia, Thailand, dan Myanmar.

Turnamen tersebut digelar dengan format round-robin. Jadi, masing-masing tim akan bermain sebanyak tiga kali dan posisi juara akan bertemu runner-up grup di final.

Tak diketahui alasan pasti mengapa Timnas Indonesia U-19 tak diundang ke turnamen tersebut. Padahal, Timnas U-19 juga akan berlaga di Kualifikasi Piala AFC U-20 2023 yang digelar di Jakarta pada September mendatang.

2 dari 5 halaman

Banjir Hadiah

Meskipun hanya bertajuk mini turnamen, namun Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) tetap menyediakan hadiah. Juara turnamen tersebut akan mendapatkan hadiah sebesar 10 ribu dolar AS.

Adapun runner-up mendapatkan 6 ribu dolar AS, peringkat tiga sebesar 4 ribu dolar AS, dan posisi keempat menerima 2 ribu dolar AS. Selain itu, panitia penyelenggara juga menyediakan hadiah untuk individu.

Pencetak gol terbanyak dan kiper terbaik akan mendapatkan masing-masing 500 dolar AS. Kemudian pada setiap pertandingan, pemain terbaik dan pencetak gol pertama akan menerima 100 dolar AS.

3 dari 5 halaman

Segrup dengan Timnas Indonesia U-19

Timnas Vietnam U-19 akan bersaing dengan Timnas Indonesia U-19 pada Kualifikasi Piala AFC U-20 2023. Mereka tergabung di Grup F dan juga bersama dengan Hong Kong serta Timor Leste.

Pertandingan Kualifikasi Piala AFC U-20 2023 akan digelar di Indonesia pada 14-18 September 2022. Dua tim teratas akan berpeluang lolos ke Piala AFC U-20 2023 yang digelar di Uzbekistan.

4 dari 5 halaman

TC ke Luar Negeri

Timnas Indonesia U-19 rencananya akan menggelar persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 di Eropa. Nantinya, Ronaldo Kwateh dkk. akan berada di luar negeri selama 50 hari.

"TC berikutnya akan diadakan di Jakarta untuk mempersiapkan Piala Asia. Setelah mendapatkan dukungan dari Ketua Umum PSSI, kami berangkat ke Eropa," ucap Shin Tae-yong.

"Rencananya bakal mengunjungi dua negara pada awal September nanti. Mungkin kami akan melakukan TC sekitar 50 hari di Eropa," tegas Shin Tae-yong.

5 dari 5 halaman

Siap Maksimal

Pelatih Shin Tae-yong menegaskan, bakal melakukan persiapan maksimal untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Turnamen ini juga sebagai tolok ukur kesiapan timnya yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

"Saya akan berusaha semaksimal mungkin agar kami bisa lolos ke Piala Asia U-20. Juga memaksimalkan persiapan Piala Dunia U-20 2023," tegas Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong saat ini sedang berada di Korea Selatan karena mengambil cuti dari PSSI. Itu dilakukan karena pelatih asal Korea Selatan itu sudah lama tidak berlibur, menyusul padatnya agenda Timnas Indonesia di berbagai level.

Video Populer

Foto Populer