Sukses


4 Kunci Madura United Tampil Mengesankan di Awal Kompetisi BRI Liga 1 2022 / 2023

Bola.com, Jakarta - Madura United tengah mendapatkan sorotan. Selepas dua pekan awal BRI Liga 1 2022/2023, klub berjuluk Laskar Sape Kerrap itu mampu menguasai puncak klasemen dengan torehan maksimal enam poin.

Barito Putera jadi korban pertama kesempurnaan Madura United. Bermain di depan pendukungnya sendiri, mereka berhasil menghajar sang tamu dengan skor telak delapan gol tanpa balas.

Cerita berlanjut di Tanah Parahyangan saat menghadapi Persib Bandung. Sempat tertinggal lebih dahulu, Madura United bangkit dan mengunci kemenangan 3-1 atas runner-up kompetisi musim lalu.

Apa yang ditampilkan Madura United jelas bukan sebuah kebetulan. Fabio Lefundes melakukan banyak hal besar bersama klub asal Pulau Garam tersebut.

Lantas, apa yang membuat Slamet Nurcahyono dkk begitu digdaya di awal musim ini? Bola.com melihat ada empat poin krusial yang menjadi faktor kehebatan mereka. Berikut ulasan selengkapnya.

 

 

2 dari 6 halaman

Kepercayaan Penuh Manajemen

Manajemen Madura United membuat keputusan tepat saat meneruskan kerjasama dengan pelatih Fabio Lefundes. Tetapi keputusan penting lain yang mereka buat adalah memberikan kesempatan bagi pria asal Brasil itu memilih sendiri skuadnya.

Berbekal mandat tersebut, ia pun menyeleksi penggawa lawas yang dianggap masih cocok dengan skemanya. Lefundes pun terjun langsung ke bursa transfer untuk mendapatkan pemain pengganti yang tepat.

Tetapi kebebasaan itu sempat dipertanyakan oleh para suporter. Apalagi saat tim kesayangannya tersebut tak mampu melenggang dari fase grup Piala Presiden 2022.

Meski begitu, manajemen tetap teguh dengan pendiriannya untuk memberikan kesempatan bagi Lefundes. Terbukti para pemain barunya itu akhirnya menjadi kunci kekuatan tim musim ini.

 

3 dari 6 halaman

Sinergi Brasil Connection

Manajemen tak hanya memberikan kepercayaan bagi Lefundes dalam memilih sendiri pemainnya. Ia juga mendapatkan kebebasan untuk memutuskan deretan asisten pelatih yang mendampinginya.

Claudio Luzardi (interpreter) dan Osvaldo Lessa (pelatih fisik) tetapi dipertahankan. Ia lantas memanggil Valdir Bardi (pelatih kiper), Marcelo Araujo (fisioterapis) dan Italo Resende (analis), untuk melengkapi staf kepelatihan.

Apa yang diminta Lefundes dengan menempatkan kompatriotnya asal Brasil itu, tentu sangat beresiko. Tetapi terbukti, Madura United terus berkembang dengan sentuhan Negeri Samba.

 

 

 

 

4 dari 6 halaman

Materi Pemain Merata

Mengganti nyaris seluruh tim dengan pemain baru merupakan sebuah perjudian yang teramat besar. Bak pedang bermata dua, resiko kegagalan membayangi langkah mereka.

Tetapi Lefundes berhasil menciptakan situasi kondusif dan kompetitif di timnya. Tak ada lagi istilah pemain lama dan baru. Mereka semua bahu membahu sebagai sebuah unit, Madura United.

Inilah yang terlihat saat laga kontra Persib. Walaupun mengganti beberapa pemain utama di laga sebelumnya, kekuatan mereka masih tetap terjaga dengan baik.

 

 

 

5 dari 6 halaman

Fasilitas Mumpuni

Madura United benar-benar serius mempersiapkan musim ini. Tak hanya sisi teknis yang diperbaiki, mereka juga memperbaiki sisi non-teknis yang dapat meningkatkan kinerja tim.

Peresmian Madura United Training Ground dan mes baru menjelang kompetisi Liga 1 2022/23, merupakan bukti mereka tengah berbenah menjadi klub profesional.

Belum lagi kelengkapan alat-alat gym dan medis yang terbilang lengkap. Tak heran bila Laskar Sape Kerrap bisa melaju kencang di awal kompetisi. Semua kecanggihan tersebut mampu mendukung performa pemain di atas lapangan.

6 dari 6 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer