Sukses


Duel Pelatih Persib Vs PSIS di BRI Liga 1: Budiman Hadapi Nama Besar Sergio Alexandre

Bola.com, Bandung - Persib Bandung akan menghadapi PSIS Semarang pada pekan keempat Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Sabtu (13/08/2022).

Pertandingan kedua tim akan menyajikan duel taktik dua pelatih beda pengalaman. Budiman yang jadi caretaker Persib bakal beradu taktik dengan Sergio Alexandre di kubu PSIS.

Budiman sementara memimpin Marc Klok dan kawan-kawan setelah Robert Alberts memutuskan mundur sebagai pelatih kepala. Keputusan mundurnya pelatih asal Belanda tersebut tak lepas dari desakan Bobotoh.

Bobotoh melihat Robert Alberts gagal mengangkat perfoma Persib Bandung di tiga pertandingan awal Liga 1. Maung Bandung hanya meraih satu poin dari tiga pertandingan.

Puncaknya ribuan bobotoh mendatangi Graha Persib, Jalan Sulanjana, Bandung, Rabu (10/8/2022). Mereka datang untuk melakukan demonstrasi menuntut Robert Alberts angkat kaki.

 

2 dari 4 halaman

Tugas Berat Budiman

Setelah Robert Alberts mundur, manajemen menunjuk Budiman sebagai caretaker Persib Bandung. Kini pelatih berusia 50 tahun ini dihadapkan dengan tugas berat.

Sebab, ini merupakan pengalaman pertamanya sebagai pelatih kepala di Liga 1. Sebelumnya, Budiman ditugaskan sebagai asisten pelatih Persib sejak 2019, pelatih Persib U-19 (2019) dan pelatih Bandung United (2020).

Kendati begitu, Budiman sempat menorehkan prestasi dengan mengantarkan Persib Bandung U-19 Juara Elite Pro Academy Liga 1 2019.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Tidak Asing

Sosok Budiman memang tidak asing ditelinga pencinta sepakbola Indonesia. Dia sempat berkarir sebagai pemain di Bandung Raya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persikabo Bogor dan Persema Malang.

Prestasi terbaiknya sebagai pemain ketika membawa Bandung Raya juara Liga Indonesia musim 1995/1996 dan Persija Jakarta 2001. Budiman bahkan berperan sebagai kapten Persija di musim tersebut.

 

 

 

4 dari 4 halaman

Sergio Alexandre, Pelatih Sarat Pengalaman

Sedangkan, Sergio Alexandre merupakan pelatih sarat pengalaman. Dia mampu menyulap PSIS menjadi tim yang disegani dan kandidat kuat meraih gelar juara Liga 1 musim ini.

Pelatih asal Brasil ini gemar menerapkan strategi menyerang. Maka tak heran, tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar ini jadi tim paling produktif dalam urusan mencetak gol di Piala Presiden 2022.

PSIS pun mampu melaju ke semifinal. Perjalanan PSIS di Piala Presiden terhenti di semifinal setelah kalah dari Arema FC dengan agregat 4-1.

Saat ini, PSIS berada di urutan kedelapan klasemen sementara Liga 1 dengan empat poin. Di bawah kendali Sergio Alexandre, PSIS mencatatkan satu kemenangan, satu kali kalah dan satu kali imbang. 

Video Populer

Foto Populer