Sukses


BRI Liga 1: Sambangi Markas Persebaya, Pelatih Madura United Lebih Takut Keluarga Ketimbang Bonek

Bola.com, Surabaya - Pelatih Madura United, Fabio Lefundes memahami apa yang bakal ia rasakan saat timnya bertemu Persebaya Surabaya dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (14/8/2022).

Berada di puncak klasemen BRI Liga 1 2022/2023 dengan menyapu bersih tiga kemenangan awal membuat timnya tengah dalam perhatian semua kalangan. Apalagi, mereka melakukannya dengan melewati Persib Bandung di markasnya.

Tetapi menghadapi Persebaya jelas bukan perkara mudah. Catatan sejarah juga menunjukkan bagaimana dewi fortuna seolah enggan menyapa Madura United.

"Saya tidak punya pendapat apapun soal rekor pertemuan karena setiap pertandingan itu berbeda. Pasti akan ada situasi berbeda yang harus kami hadapi dan laga itu adalah pertandingan yang baru," jelasnya.

2 dari 5 halaman

Nantikan Sambutan Bonek

Pelatih berusia 49 tahun itu melihat ada kemiripan perihal fanatisme suporter di Indonesia dengan negara asalnya, Brasil. Inilah yang membuatnya bersemangat melawat ke markas Persebaya untuk pertama kalinya.

"Saya dari Rio de Janeiro, saya tahu maksudnya tentang Maracana, seumur hidup saya menjadi suporter. Saya tahu tentang Bonek, julukan suporter Persebaya. Mereka luar biasa mendukung tim setiap waktu, mereka sangat bergairah," ujarnya.

"Jika tim sedang baik mereka dukung dan saat tim tidak baik pun mereka tetap mendukung. Kami tahu, kami akan 'melawan' puluhan ribu suporter yang seperti ratusan ribu orang. Kami tahu soal tekanan dari Bonek," jelas eks asisten pelatih Botafogo tersebut.

3 dari 5 halaman

Tak Gentar Tekanan Suporter Lawan

Tetapi baginya, tekanan seperti itu bukan kali pertama dalam karier profesionalnya. Ia menyadari hal tersebut bakal 'mengganggu' anak asuhnya. Tetapi ia telah menyiapkan strategi agar Madura United tetap bisa tampil tenang.

"Sejak saya memilih bekerja di sepakbola, saya tahu tekanan itu datang dari diri sendiri dan dari luar. Kami harus siap untuk apapun itu," tegasnya.

4 dari 5 halaman

Kelakar Lefundes

Lefundes mencoba menanggapi dengan santai tekanan yang bakal diterimanya di laga nanti. Ia menyebut lebih tertekan dengan keluarganya yang menyaksikan pertandingan ini di Brasil ketimbang suporter lawan.

"Berapa banyak yang melihatnya langsung? Berapa banyak lagi yang melihat pertandingan ini di televisi? Keluargaku juga melihatnya di Brasil. Percayalah, saya memiliki banyak tekanan dari keluargaku daripada lawan. Tekanan dari keluargaku lebih dalam," ucapnya sembari tersenyum.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer