Sukses


RANS Nusantara FC Sering Dirugikan di BRI Liga 1, Rahmad Darmawan Dukung Penggunaan Wasit Asing

Bola.com, Cibinong - Pelatih RANS Nusantara FC, Rahmad Darmawan, mendukung penggunaan wasit asing di BRI Liga 1 2022/2023. Menurutnya, keberadaan wasit asing bisa membantu pertandingan menjadi lebih baik.

Pernyataan Rahmad Darmawan tersebut diungkapkan setelah laga RANS Nusantara FC melawan PSM Makassar pada Senin (15/8/2022). Dalam duel tersebut, RANS terlihat dirugikan beberapa keputusan wasit Dwi Purba yang memimpin laga.

"Kenapa tidak? Kalau itu memang harus dilakukan supaya ada persaingan dengan wasit di sini," kata Rahmad Darmawan ketika dimintai komentar tentang penggunaan wasit asing di BRI Liga 1.

Penggunaan wasit asing pernah dilakukan Liga 1 pada 2017. Ketika itu sebanyak 14 wasit asal luar negeri berkesempatan memimpin duel liga.

RANS Nusantara FC menelan kekalahan 1-2 dari PSM Makassar. Dalam laga tersebut, klub berjulukan The Prestige Phoenix itu bermain dengan 10 orang setelah Victor Salinas mendapatkan kartu merah.

2 dari 5 halaman

Berharap VAR

Selain penggunaan wasit asing, Rahmad Darmawan juga berharap adanya Video assistant referee (VAR) di BRI Liga 1. Menurut Rahmad, teknologi tersebut bakal membantu kinerja wasit.

"Kalau ada VAR akan lebih bagus lagi. Saya sudah usulkan dari dua tahun lalu. Saya selalu mendukung apa saja untuk kemajuan sepak bola Indonesia," ucap pria yang akrab disapa RD itu.

BRI Liga 1 sejauh ini baru menerapkan terobosan dengan menggunakan asisten wasit tambahan. Namun, adanya penambahan wasit dekat gawang tersebut belum sepenuhnya efektif.

3 dari 5 halaman

Minta Maaf

Rahmad Darmawan meminta maaf kepada putra Raffi Ahmad, Rafathar, karena gagal memberikan hadiah ulang tahun yang bertepatan pada hari sama. Pada laga tersebut, RANS kalah 1-2 melalui dua gol Everton pada menit ke-48 dan 90+2.

"Saya tentu ucapkan selamat ulang tahun untuk Rafathar. Semoga jadi anak soleh dan bisa membanggakan orangtuanya. Kami meminta maaf karena tidak bisa memberikan kado untuk mereka," kata Rahmad Darmawan usai pertandingan.

Hasil minor itu membuat RANS Nusantara FC belum pernah menang dalam empat laga yang sudah dimainkan. RANS menelan dua kekalahan dan dua kali imbang.

4 dari 5 halaman

Hasil Lengkap Pekan Keempat

Jumat, 12 Agustus 2022

  • Persik Kediri 1-2 Borneo FC

Sabtu, 13 Agustus 2022

  • Persib Bandung 2-1 PSIS Semarang
  • PSS Sleman 1-0 Barito Putera
  • Bali United 1-2 Arema FC

Minggu, 14 Agustus 2022

  • Dewa United 2-0 Bhayangkara FC
  • Persebaya Surabaya 2-2 Madura United
  • Persis Solo 1-2 Persita Tangerang
  • Persikabo 1973 1-1 Persija Jakarta

Senin, 15 Agustus 2022

  • RANS Nusantara FC 1-2 PSM Makassar
5 dari 5 halaman

Simak Posisi RANS Nusantara FC di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer