Sukses


Prediksi BRI Liga 1 Persebaya Vs PSIS: Ambisi Tim Bajul Ijo untuk Bangkit

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya menghadapi laga yang tidak mudah pada pekan keenam BRI Liga 1 2022/2023. Mereka akan menjamu PSIS Semarang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (23/8/2022) sore WIB.

Persebaya punya modal yang minim untuk memenangi laga ini. Tim Bajul Ijo masih terjebak di papan bawah, tepatnya peringkat ke-14. Mereka baru mengantongi empat poin dari lima pertandingan yang sudah dijalani.

Tak ingin terus terpuruk, Persebaya Surabaya bertekad membungkam PSIS Semarang. Hasil bagus bakal mendongkrak posisi di klasemen sementara BRI Liga 1.

"Kami sudah sangat siap untuk menghadapi PSIS Semarang besok. Kami melakukan evaluasi terhadap pertandingan kemarin kepada semua pemain. Sudah saya sampaikan bahwa banyak peluang tidak gol," kata pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso.

 

2 dari 8 halaman

Waspadai Taisei Marukawa

PSIS Semarang memiliki beberapa kelebihan. Satu di antaranya kemampuan lemparan ke dalam yang jauh dimiliki oleh Alfeandra Dewangga. Komposisi skuat mereka juga semakin membaik dibanding musim lalu.

Klub asal Kota Lumpia itu juga memiliki sosok Taisei Marukawa, winger asal Jepang yang musim lalu membela Persebaya Surabaya. Nama satu ini bisa menjadi mimpi buruk buat Persebaya, jika gagal mengantisipasi pergerakannya.

"Kami sudah mengantisipasi. Kami sudah tahu kekuatan tim lawan maupun kelemahan. Yang terpenting bagaimana anak-anak bisa memaksimalkan," ungkap Aji.

"Dari beberapa pertandingan, ada beberapa kali bola mati. Menurut saya sudah cukup pembelajaran itu. Di dalam setiap latihan kami selalu memberi materi bola mati, sepak pojok, maupun bertahan," imbuhnya.

 

3 dari 8 halaman

Dua Masalah Krusial di Persebaya

Persebaya Surabaya masih dihadapkan pada dua masalah krusial yang belum terselesaikan. Mereka masih kebobolan lewat bola mati dan menit akhir. Fokus pemain mulai lengah saat dalam kondisi sudah dekat dengan mendapatkan poin.

"Kemarin pun, memang ada sedikit kesalahan waktu terjadinya gol. Itu sudah saya evaluasi kesalahannya di mana," ujar Aji.

"Menurut saya, dari lima pertandingan sudah cukup untuk belajar. Kami sudah mengevaluasi, mudah-mudahan pertandingan berikutnya lebih bagus," lanjut mantan pelatih Persela Lamongan dan Arema FC itu.

 

4 dari 8 halaman

Baru Sekali Menang

Tim kebanggaan arek-arek Suroboyo itu tengah memburu hasil positif lantaran baru mengumpulkan empat poin dari lima pertandingan. Mereka baru sekali menang dan seri, serta menelan tiga kekalahan pada laga tandang.

Tiga laga tandang yang berakhir dengan kekalahan terjadi saat tumbang dengan skor identik 0-1 kontra Persikabo 1973 dan Bhayangkara FC.

Lalu, mereka sempat menang 2-0 atas Persita Tangerang, namun kemudian ditahan 2-2 oleh Madura United. Terakhir, klub asal Kota Pahlawan itu kalah 1-2 dari Borneo FC pada pekan lalu.

 

5 dari 8 halaman

Masih Tanpa Carlos Fortes

Di sisi lain, PSIS kini menduduki peringkat delapan klasemen dengan koleksi tujuh poin. Mereka meraih dua kemenangan, sekali seri, dan menelan dua kekalahan. Hal itu tentu membuat Laskar Mahesa Jenar lebih diunggulkan untuk memenangi laga.

Pada pertandingan ini, PSIS dipastikan tanpa striker andalan Carlos Fortes yang masih dibekap cedera. Meski demikian, pelatih PSIS, Sergio Alexandre, tidak khawatir karena masih ada sejumlah pemain pilihan lain di lini depan.

"Terkait Fortes, dia adalah pemain penting untuk kami. Dia punya kualitas dan tak bisa dipungkiri PSIS butuh dia. Namun, memang sekarang kami berikan kesempatan kepada pemain lain untuk main maksimal," ucap mantan arsitek Persiraja Banda Aceh itu.

"Saya juga terus mendukung Fortes agar dapat segera pulih. Harus diakui siapapun yang menggantikan Fortes, tetap ada rasa yang berbeda. Namun siapapun yang akan dimainkan, pasti tertantang untuk dapat menunjukkan kualitas terbaiknya untuk tim," imbuhnya.

 

6 dari 8 halaman

Andalkan Taisei Marukawa

Sergio Alexandre bakal mengandalkan Taisei Marukawa untuk menjadi mesin gol dalam laga ini. Menariknya, pemain asal Jepang itu musim lalu merupakan andalan Persebaya dengan mencapai banyak prestasi.

Taisei Marukawa mampu mencetak 17 gol dan sembilan assist dalam 32 pertandingan bersama Persebaya. Dia juga berhasil meraih titel pemain terbaik Liga 1 2021/2022.

"Taisei Marukawa adalah pemain yang sudah selesai proses adaptasinya baik secara tim dan secara taktikal. Kita berharap Marukawa mampu melanjutkan tren positif di PSIS sebagaimana yang dia tunjukkan saat memperkuat Persebaya," ujarnya.

"Namun saya harap kami bisa menampilkan permainan terbaik sesuai dengan persiapan yang sudah kami lakukan dengan baik pula," tutur pelatih asal Brasil tersebut.

 

7 dari 8 halaman

Prakiraan Susunan Pemain:

Persebaya Surabaya (4-3-3): Satria Tama (kiper): Arisky Wahyu, Leo Lelis, Rizky Ridho, Alta Ballah (belakang); Muhammad Hidayat, Alwi Slamat, Marselino Ferdinan (tengah); Ahmad Nufiandani, Silvio Junior, Sho Yamamoto (depan)

Pelatih: Aji Santoso

PSIS Semarang (4-3-3): Wahyu Tri Nugroho (kiper); Syiha Buddin, Alie Sesay, Wahyu Prasetyo, Frendi Saputra (belakang); Alfeandra Dewangga, Delfin Rumbino, Jonathan Cantillana (tengah); Wawan Febrianto, Andreas Ado, Taisei Marukawa (depan)

Pelatih: Sergio Alexandre

Persentase Menang:

  • Persebaya Surabaya 50 - 50 PSIS Semarang
8 dari 8 halaman

Simak Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer