Sukses


Mees Hilgers, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia yang Memilih Panggilan Timnas Belanda U-21

Bola.com, Jakarta - Nama Mees Hilgers cukup akrab di telinga pecinta sepak bola Indonesia. Bek klub liga level teratas Belanda, FC Twente ini sempat akan dinaturalisasi oleh PSSI dan Pemerintah Indonesia.

Namun, pada akhirnya proses naturalisasi itu tak terlaksana. Mees Hilgers enggan kehilangan paspor Belanda yang saat ini ia miliki.

Indonesia memang negara yang menganut kewarganegaraan tunggal. Kondisi itu akan menyulitkan perkembangan karier Hilgers di Eropa sebab level sepak bola Indonesia masih cukup rendah. Hilgers pada akhirnya menunda keinginannya untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Menariknya, Mees Hilgers terus tampil konsisten di FC Twente. Ia terus menjadi pilihan utama di klub yang memiliki logo kuda itu.

2 dari 6 halaman

Dipanggil Timnas Belanda

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by OnsOranje (@onsoranje)

Terbaru, penampilan apik Hilgers pun menarik perhatian Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB). Mereka memanggil Hilgers ke skuad Timnas Belanda U-21 yang akan melakoni dua laga uji coba melawan Rumania U-21 dan Belgia U-21 dalam waktu dekat ini.

Hilgers dipanggil bersama dengan para pemain muda potensial Belanda yang lain seperti Xavi Simons dan Ian Maatsen. Belanda U-21 memang sedang menyiapkan diri menghadapi EURO U-21 2023.

3 dari 6 halaman

Punya Keturunan Manado

Mees Hilgers lahir di Belanda, tepatnya di kota bernama Amersfoort pada 13 Mei 2021. Amersfoort adalah kota yang letaknya hanya sekitar 50 km dari ibu kota Belanda, Amsterdam.

Hilgers beberapa kali menyebutkan identitasnya. Pemain yang kini masih berusia 21 tahun itu mengakui memiliki keturunan Indonesia tepatnya, Manado, Sulawesi Utara dari sang ibu.

"Mama saya yang berasal dari Indonesia. Dia juga punya 7 saudara, jadi kita keluarga yang besar," ujar Mees Hilgers saat diwawancarai di channel Youtube Yussa Nugraha, Mei 2020 lalu.

4 dari 6 halaman

Digembleng Sejak Usia 10 Tahun

Namun, sejak lahir Hilgers sudah di Belanda. Ia pun mendapatkan pendidikan sepak bola sejak usia yang masih sangat kecil.

FC Twente juga merupakan klub pertama yang dibela Hilgers. Bahkan, ia sudah bergabung dengan akademi pemain muda klub tersebut sejak usia 10 tahun di tahun 2021 lalu.

5 dari 6 halaman

Semakin Berkembang

Di usianya yang masih sangat muda, Mees Hilgers sudah bisa menjadi andalan di FC Twente. Sejauh ini, Hilgers bahkan sudah memiliki catatan 30 penampilan bersama Twente dengan satu gol dan satu assist.

Pemanggilan ke skuad Belanda U-21 ini bisa menjadi langkah awal karier Hilgers di Belanda. Bukan tak mungkin, ia bisa menembus skuad Belanda senior di masa depan.

6 dari 6 halaman

Tembus Skuad De Oranye?

Hilgers bisa saja mengikuti jejak para pemain keturunan Indonesia lain yang sukses bersama Timnas Belanda. Sebut saja Giovanni van Bronckhorst, Johnny Heitinga, Nigel De Jong dan banyak pemain yang lain.

Jika itu terjadi, artinya peluang Timnas Indonesia untuk mendapatkan pelayanan dari Mees Hilgers akan tertutup. Sebab, FIFA tak merestui perpindahan pemain dari federasi satu ke yang lain jika si pemain sudah membela Timnas senior suatu federasi.

Video Populer

Foto Populer