Sukses


Ulasan Klub Tertajam di BRI Liga 1 2022 / 2023: Galak pada Laga Kandang dan Tandang!

Bola.com, Jakarta - Kudeta terjadi pada tabel klasemen BRI Liga 1 2022/2023 setelah pekan ke-8 berakhir. Madura United kembali merebut singgasana klasemen dari Borneo FC Samarinda yang sempat mendudukinya dalam dua pekan sebelumnya.

Tetapi pada kesempatan ini, Madura United sebenarnya malah disalip oleh rivalnya tersebut dalam hal produktivitas gol. Borneo FC untuk sementara menjadi tim tersubur di BRI Liga 1 musim ini dengan gelontoran 19 gol.

Walaupun bukan jaminan bakal meraih gelar juara, mencetak banyak gol bakal meningkatkan peluang bagi sebuah tim untuk merengkuh trofi tertinggal pada akhir musim nanti.

Pada musim lalu, Bali United bisa menjadi contoh terbaik bagaimana permainan menyerang yang hebat bakal memberikan hasil maksimal. Mereka menyalip Persebaya Surabaya pada putaran kedua untuk merebut trofi tertinggi, dan status tim paling produktif di Liga 1 2021/2022.

Lalu bagaimana dengan BRI Liga 1 musim ini, apakah tim-tim tersubur saat ini berpeluang mengulang hal yang sama seperti Bali United musim lalu? Berikut ini ulasan selengkapnya.

 

2 dari 5 halaman

Empat Tim Tersubur Saat Ini

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Borneo FC merupakan pemilik status tim tersubur di BRI Liga 1 musim ini. Mereka unggul satu gol atas Madura United yang sempat merebut kemenangan telak 8-0 pada pekan perdana kontra Barito Putera.

Di bawah kedua tim tersebut, terdapat juara bertahan musim lalu, Bali United. Ilija Spasojevic dkk. nangkring di posisi ketiga dengan torehan 15 gol dari delapan pertandingan yang telah dilakoni.

Sementara itu, pada posisi keempat ada nama kejutan yang nyempil di antara persaingan klub-klub raksasa. Persikabo 1973 arahan Djadjang Nurdjaman menjadi klub tersubur keempat dengan koleksi 14 gol.

 

3 dari 5 halaman

Pengaruh ke Posisi di Klasemen?

Bila melihat korelasi antara jumlah gol yang dicetak dan papan klasemen saat ini, keberadaan Madura United, Borneo FC Samarinda dan Bali United di peringkat satu hingga ketiga bisa dikatakan sudah tepat.

Tetapi, hal berbeda justru didapatkan Persikabo 1973 yang menjadi klub tersubur keempat. Mereka justru berada di luar lima besar dan kalah dari tim-tim yang mencetak gol lebih sedikit dari mereka semisal PSM Makassar ataupun Persija Jakarta.

Satu hal yang bisa dipelajari yakni selain harus tahu bagaimana mencetak gol, mereka juga harus paham bagaimana cara bertahan. Di antara 10 besar klasemen, klub berjulukan Laskar Padjajaran itu jadi yang paling bobrok setelah kebobolan 12 gol.

 

4 dari 5 halaman

Cetak Gol di Manapun

Catatan menarik lainnya juga mengiringi klub-klub dengan catatan gol tertinggi sejauh ini. Mereka selalu bisa mencetak gol di manapun, tak peduli itu bertanding pada laga tandang sekalipun.

Borneo FC Samarinda, Madura United, dan Bali United merupakan deretan klub-klub tersubur saat bermain di markasnya sendiri. Bahkan, dua nama pertama berhasil menembus dua digit gol dalam beberapa laga saja.

Di sisi lain, Persikabo 1973 merupakan yang paling jago untuk urusan mencetak gol di kandang lawan. Catatan tujuh gol yang mereka buat, melebihi pencapaian Bali United dan Madura United pada laga tandang.

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer