Sukses


Menpora Bicara Persiapan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023: Kami Sudah Siap Sejak 2021!

Bola.com, Jakarta - Hari Minggu (18/09/2022), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali turut hadir pada peluncuran maskot Piala Dunia U-20 2023 bernama Bacuya.

Pada kesempatan ini, Menpora turut berkomentar soal kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Menurutnya, Indonesia sebenarnya sudah siap sejak 2021. Namun seperti diketahui, akibat pandemi COVID-19, Piala Dunia U-20 harus ditunda sampai 2023.

"Sebenarnya, kita ini sudah siap dari tahun 2021. Akan tetapi, akibat pandemi, (Piala Dunia U-20) di-postponed ke 2023,” ujar Menpora Zainudin Amali mengutip situs Liputan6.

"Itu saja sudah menggambarkan bahwa kita siap. Namun karena ada jeda, maka kita izinkan fasilitas-fasilitas yang ada bisa digunakan, baik itu venue utama maupun venue lapangan-lapangan latihan," sambungnya.

2 dari 5 halaman

Skala Minor

Seperti diketahui, Indonesia telah dipercaya FIFA untuk menjadi lokasi perhelatan Piala Dunia U-20 2023. Ajang tersebut dijadwalkan berlangsung mulai 20 Mei hingga 11 Juni tahun depan.

Menpora tak menampik bahwa fasilitas-fasilitas yang akan digunakan di Piala Dunia U-20 2023 masih membutuhkan perbaikan.

Walau begitu, ia menegaskan bahwa pembenahan yang dimaksud hanya berskala minor, bukan mayor.

3 dari 5 halaman

Komentar Menpora

"Tentu memang ada yang harus kita perbaiki, tetapi itu minor, tidak mayor," kata Menpora.

"Kementerian PUPR sekarang sudah melakukan tugasnya, karena sebagaimana diketahui, untuk penyelenggaraan itu tanggung jawab saya."

"Untuk tim nasional tanggung jawab Pak Ketua Umum (PSSI), dan infrastruktur tanggung jawab Menteri PUPR," tambahnya.

4 dari 5 halaman

6 Venue

Sekadar informasi, Piala Dunia U-20 2023 nantinya akan terpusat di enam daerah yakni Jakarta, Bandung, Palembang, Solo, Surabaya, dan Bali.

Tercatat ada enam venue pertandingan yang diwacanakan bakal dipakai dalam perhelatan.

Keenam venue yang dimaksud adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

5 dari 5 halaman

Harapan Menpora

Menpora Zainudin Amali memiliki ambisi khusus di balik pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023.

Ia menyebut perhelatan kali ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu menyelenggarakan ajang sepak bola bergengsi.

Harapannya, dengan pelaksanaan acara yang sukses, FIFA di masa mendatang dapat memberi kepercayaan bagi Tanah Air untuk menjadi tuan rumah kompetisi sepak bola level senior.

“Saya harap, kita berikan dukungan sekali lagi untuk FIFA World Cup U-20, karena ini kesempatan pertama dan mungkin baru beberapa tahun ke depan kita bisa mendapat kesempatan lagi.”

"Kalau kita sukses melaksanakan FIFA World Cup U-20, kita berharap FIFA akan percaya kepada Indonesia untuk menjadi penyelenggara atau tuan rumah kejuaraan dunia sepak bola senior,” pungkas Zainudin Amali.

Video Populer

Foto Populer