Sukses


Bima Sakti Dukung Laga Timnas Indonesia U-17 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Tanpa Penonton

Bola.com, Bogor - Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti mendukung keputusan PSSI yang mendadak menginstruksikan laga Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 tanpa penonton.

Untuk menghormati korban tragedi Kanjuruhan, PSSI mengumumkan peniadaan suporter dalam Kualifikasi Piala Asia U-17, termasuk partai Timnas Indonesia U-17 pada Senin (3/10/2022).

"Kami sepakat dengan PSSI yang menggelar kualifikasi tanpa penonton sebagai bentuk menghargai dengan kejadian di Kanjuruhan," ujar Bima Sakti.

"Banyak saudara kita yang meninggal dunia. Keluarga yang ditinggalkan pasti sedih," tutur arsitek yang baru saja membawa timnas U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022 itu.

2 dari 5 halaman

Situasi Tidak Tepat

Bima Sakti mengungkapkan bahwa situasinya tidak tepat jika partai Timnas Indonesia U-17 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 tetap berlangsung dengan suporter.

"Jadi, kalau ada penonton, euforia teriak-teriak artinya tidak respek dengan tragedi Kanjuruhan," tutur Bima Sakti.

"Jadi, meski tidak ada penonton, kami tetap semangat karena memang situasinya harus seperti ini," jelas arsitek berusia 46 tahun tersebut.

3 dari 5 halaman

Menang Telak

Sementara itu, Timnas Indonesia U-17 memulai perjuangannya di Kualifikasi Piala Asia U-17 dengan kemenangan telak.

Timnas Indonesia U-17 sukses menghajar Guam 14-0 dalam partai pertama Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Dari 14 gol tim yang dijuluki Garuda Asia itu, empat di antaranya diukir Arkhan Kaka pada menit ke-9, ke-11, ke-25, dan ke-34.

4 dari 5 halaman

Pencetak Gol Timnas Indonesia U-17

Sepuluh gol Timnas Indonesia U-17 lainnya dibuat oleh Muhammad Tegar menit ke-27, Riski Afrisal menit ke-32, Sulthan Zaky menit ke-45, gol bunuh diri Donovan menit ke-46, hingga Jehan Pahlevi menit ke-48.

Selain itu, Muhamad Gaoshirowi turut menyumbangkan gol pada menit ke-59, Habil Abdillah menit ke-79, Figo Dennis Saputrananto menit ke-84, Nabil Asyura menit ke-87, dan Ji Da Bin menit ke-90.

5 dari 5 halaman

Selebrasi Sewajarnya

Para pemain Timnas Indonesia U-17 melakukan selebrasi seadanya ketika mengalahkan Guam.

Sang pencetak empat gol buat Timnas Indonesia U-17, Arkhan Kaka mengatakan sedari awal, para pemain telah berkomitmen untuk merayakan gol dengan sederhana.

"Soal selebrasi, kami sudah janjian dengan semua dan dengan coach Bima Sakti. Sebab, kita sedang berduka," ujar Arkhan Kaka.

Video Populer

Foto Populer