Sukses


3 Kunci Timnas Indonesia U-17 Menaklukkan Uni Emirat Arab di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023: Jangan Takut Pegang Bola!

Bola.com, Bogor - Timnas Indonesia U-17 berhasil mendapatkan kemenangan kedua di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Tim Garuda Asia menang 3-2 atas Uni Emirat Arab di Stadion Pakansari, Kab. Bogor, Rabu (5/10/2022) malam WIB.

Garuda Asia sejatinya telah unggul dua gol lebih dulu lewat aksi M. Nabil Asyura (17') dan Arkhan Kaka (29'). Namun, Uni Emirat Arab berhasil mengejar sebelum jeda babak lewat aksi individual Walid Mal Allah Alhammadi (31') dan Ghait Abdullah (39').

Pelatih Bima sakti lantas memasukkan Jenan Palevi pada awal babak kedua. Keputusan tersebut terbukti jitu setelah sang pemain berhasil turut berkontribusi untuk gol kedua Arkhan Kaka pada menit ke-54.

Tim tamu langsung bereaksi dengan memasukkan pemain-pemain tipe menyerang setelah kebobolan untuk ketiga kalinya. Namun, hingga akhir pertandingan, tak ada gol lain yang tercipta di pertandingan ini.

Kemenangan Timnas Indonesia U-17 patut disyukuri. Meski ada beberapa kelemahan yang berhasil diekspose pemain lawan, mereka juga mampu menunjukkan kekuatan dalam permainan mereka.

Berikut kunci kemenangan Timnas Indonesia U-17 atas UEA pada Rabu malam:

2 dari 5 halaman

Pressing Tinggi

Instruksi menekan sejak area permainan lawan terbukti mampu menjadi satu kunci sukses Timnas Indonesia U-17 di pertandingan ini. Uni Emirat Arab rupanya cukup kedodoran saat mendapatkan tekanan tinggi.

Sesaat setelah lawan kehilangan bola di tengah lapangan, Tim Garuda Asia langsung melakukan serangan frontal. Pertahanan Uni Emirat Arab berantakan sehingga menghasilkan dua gol bagi tuan rumah di babak pertama.

Menghadapi lawan yang juga berasal dari Timur Tengah, Palestina, pada laga ketiga, Jumat (7/10/2022), mereka mungkin bisa melakukan pendekatan serupa. Terbukti cara ini terbilang efektif dalam pertandingan malam ini.

3 dari 5 halaman

Memanfaatkan Ruang Antarlini

Satu hal lain yang bisa dilihat dari permainan Timnas Indonesia U-17 pada pertandingan kali ini adalah betapa sering mereka melakukan umpan vertikal langsung. Dalam beberapa momen, mereka mampu mengokupansi lubang di ruang antarlini.

Arkhan Kaka yang ditempatkan sebagai penyerang tengah, sering mengisi kerenggangan antara pemain belakang dan gelandang Uni Emirat Arab. Inilah yang kita lihat saat terciptanya gol-gol yang dicetak pemain asal klub Persis Solo itu.

Ia berhasil menciptakan ruang untuk dirinya sendiri saat bermain satu dua sentuhan dengan rekannya. Brace yang dibuatnya tercipta dengan pola serangan yang identik.

 

 
4 dari 5 halaman

Berani Menguasai Bola

Timnas Indonesia U-17 sejatinya memiliki skill individual yang cukup apik. Namun sayangnya, mereka kerap keder saat menghadapi lawan-lawan yang lebih tangguh.

Namun, dalam pertandingan ini, Arkhan Kaka dkk. tak lagi takut menghadapi lawan yang punya nama besar. Mereka terlihat percaya diri saat menangani bola, baik saat berada di kaki lawan ataupun saat menguasai si kulit bundar.

Keberhasilan mendominasi lawannya hingga 52 persen juga berpengaruh kepada permainan. Mereka akhirnya mampu meminimalkan perkembangan permainan Uni Emirat Arab dalam pertandingan tersebut.

5 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Timnas Indonesia U-17 di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Hasil

3 Oktober 2022

5 Oktober 2022

  • Timnas Indonesia U-17 vs UEA (skor 3-2)

 

Jadwal

7 Oktober 2022

  • 20.00 WIB - Palestina vs Timnas Indonesia U-17

9 Oktober 2022

  • 20.00 WIB - Timnas Indonesia U-17 vs Malaysia

Video Populer

Foto Populer