Sukses


Thomas Doll Berharap Perbaikan Sistem Keamanan di Liga 1 Sehingga Suporter Bisa Nonton ke Stadion dengan Aman

Bola.com, Sawangan - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, berharap adanya perbaikan sistem keamanan di Liga 1 sehingga para suporter bisa datang ke stadion dan menonton dengan merasa aman dan nyaman.

Pernyataan itu diungkapkan Thomas Doll karena prihatin dengan Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 134 orang. Menurut pelatih Persija Jakarta itu, penonton seharusnya mendapatkan prioritas dalam sebuah keamanan karena merupakan eleven vital di sepak bola.

"Kita harus memperbaiki sistem keamanan agar lebih bagus. Semua penonton di stadion aman, semua sehat, dan pulang ke rumah dengan selamat," kata Thomas Doll.

Dengan sistem keamanan yang diperbaiki maka suporter bisa kembali datang dan menonton pertandingan di stadion. Thomas Doll juga berharap Liga 1 yang kini dihentikan sementara bisa kembali bergulir dengan kehadiran suporter.

"Saya berharap para suporter bisa melihat sepak bola kembali. Saya pikir suporter harus ada lagi karena sudah dua tahun tanpa sepak bola efek pandemi. Saya pikir jika tanpa penonton di stadion, itu bukan hal yang bagus," kata Thomas Doll yang menukangi Persija Jakarta mulai musim ini.

2 dari 5 halaman

Bakal Berbeda

Pelatih Thomas Doll menyebut, sepak bola tanpa kehadiran suporter bakal aneh. Menurutnya, pengalaman itu akan sangat berbeda bila Persija Jakarta ditemani dan didukung suporter di stadion.

"Sepak bola tanpa suporter, menurut saya akan berbeda. Atmosfernya berbeda, sepak bola tanpa suporter seperti pertandingan latihan," ucap Thomas Doll.

"Tidak ada emosional yang semua dirasakan pemain dan tim serta mereka hanya menonton lewat televisi," tegas pelatih asal Jerman itu.

3 dari 5 halaman

Cari Lawan

Persija Jakarta sudah mulai berlatih pekan ini meski nasib Liga 1 belum dipastikan. Pelatih Thomas Doll juga ingin timnya melakoni laga uji coba.

Sebelumnya, Persija sudah melakoni laga uji coba. Thomas Doll berharap, timnya kembali bisa menghadapi tim dari Liga 1.

"Minggu depan, kami akan mencoba kontak tim yang mau diajak berlatih tanding. Mungkin saja minggu depan kami beruji coba, minggu depannya lagi Liga 1 sudah ada kejelasan. Itu harapan saya. Jadi kondisi pemain sudah terjaga," ucap Thomas Doll.

4 dari 5 halaman

Sabar Menunggu

Thomas Doll masih terus menantikan nasib Liga 1 pasca-tragedi Kanjuruhan. Beredar kabar bahwa kompetisi akan dilanjutkan pada akhir bulan depan, tepatnya pada 25 atau 26 November 2022.

"Saat ini, kami menunggu keputusan dari PSSI terkait kapan Liga 1 dapat bergulir kembali. "Jika memang sudah ada kepastian dari PSSI, nantinya program latihan akan langsung disesuaikan," jelas Thomas Doll.

Persija Jakarta untuk sementara menduduki peringkat keenam Liga 1 2022/2023. Pencapaian itu diraih setelah mengumpulkan 21 poin dalam sepuluh pertandingan.

5 dari 5 halaman

Klasemen Sementara Liga 1

Video Populer

Foto Populer