Sukses


Manfaatkan Jeda Liga 1, Bek PSM Agung Mannan Tuntaskan Kuliah dan Raih Gelar Sarjana

Bola.com, Makassar - Ada aktivitas lain yang dilakukan Agung Mannan, selama masa libur kompetisi Liga 1 2022/2023. Bukan melulu latihan demi menjaga kebugaran, bek PSM Makassar ini memanfaatkan waktu lowongnya untuk fokus menyelesaikan kuliah dan meraih gelar sarjana. 

Agung menempuh pendidikan strata 1 di Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM). Pesepakbola asal Kabupaten Pangkep ini mengambil jurusan Ilmu Keolahragaan.

Pengorbanan Agung layak diacungi jempol. Sebelum membela PSM Makassar, ia sering bolak-balik ke Kota Makassar untuk menekuni kuliah. Waktu libur sedikit apapun akan dipakainya buat mengejar mimpi menjadi sarjana.

"Alhamdulillah sudah selesai ujian tertutup. Insya Allah tidak lama lagi sudah wisuda,” ucap syukur Agung Mannan kepada Bola.com, Senin (24/10/2022).

 

2 dari 4 halaman

Lega

Diakui Agung, kesibukan di klub memang sangat menyita waktu kuliahnya. Dia sempat pesimistis bisa selesai kuliah tepat waktu. Makanya ketika ada kesempatan libur panjang seperti saat ini, langsung tak disia-siakannya. 

“Sambil tetap latihan sesuai dengan program yang dititip oleh pelatih. Pagi latihan, siangnya saya ke kampus urus ujian. Sorenya saya latihan lagi. Pasti capek, tapi Alhamdulillah sekarang saya lega sekali,” lanjut eks pemain Persijap Jepara ini.

 

3 dari 4 halaman

Bekal Masa Depan

Menurut Agung lagi, kewajiban sebagai pesepak bola profesional memang yang utama. Namun bukan berarti pendidikan harus diabaikan. Ia bersyukur penghasilan sebagai olahragawan bisa menunjang biaya kuliahnya. 

Doa dan usaha Agung tak mengkhianati hasilnya. Apalagi ketika di awal musim, ia akhirnya bergabung dengan PSM Makassar. Ia tak perlu lagi menempuh perjalanan sangat jauh untuk ke kampus. 

“Saya yakin nanti setelah sepak bola bukan lagi penghasilan utama saya, pendidikan ini yang nantinya jadi bekal utama pekerjaan,” ujarnya mantap.

4 dari 4 halaman

Posisi PSM Saat Ini

Video Populer

Foto Populer