Sukses


Thomas Doll Optimistis Sepak Bola Indonesia Berbenah Lebih Baik Pasca-Tragedi Kanjuruhan

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, memberikan dukungan pada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk membenahi sepak bola lebih baik pasca-tragedi Kanjuruhan. Thomas Doll juga optimistis keduanya bisa melakukan hal itu.

Sepak bola Indonesia sudah terhenti selama tiga pekan lebih pasca-tragedi Kanjuruhan. Pelatih Thomas Doll berharap, tragedi kemanusiaan itu menjadi momentum perbaikan total sepak bola Indonesia.

Sejauh ini memang belum diketahui kapan kompetisi elite Indonesia itu akan kembali bergulir. Namun, Thomas Doll yakin bila digelar kembali nanti Liga 1 sudah menerapkan perbaikan dalam sistem keamanan.

"Kita harus lebih memberikan motivasi dan percaya PSSI akan menemukan tanggal dan momen yang tepat untuk memulai kembali sepak bola. Kompetisi pun bisa kembali ke masa normal. Saya rasa itu yang penting," kata Thomas Doll yang menjadi pelatih Persija Jakarta sejak awal musim ini.

2 dari 5 halaman

Wajib Bangkit

Thomas Doll juga berharap, masyarakat Indonesia khususnya suporter Arema untuk segera bangkit dari musibah ini. Thomas Doll sadar, butuh waktu untuk bisa menerima dan mengikhlaskan segalanya.

“Saat ini semua kaget, sedih, dan tidak percaya atas apa yang terjadi. Akan tetapi, hidup harus terus berjalan,” ucap Thomas Doll.

Data terbaru sampai Senin (24/10/2022), terdapat penambahan jumlah korban Tragedi Kanjuruhan. Sejauh ini tercatat sudah ada 135 orang meninggal dunia dalam tragedi tersebut.

3 dari 5 halaman

Berharap Perbaikan Sistem

Thomas Doll juga berharap adanya perbaikan sistem keamanan di Liga 1 sehingga para suporter bisa datang ke stadion dan menonton dengan merasa aman dan nyaman.

"Kita harus memperbaiki sistem keamanan agar lebih bagus. Semua penonton di stadion aman, semua sehat, dan pulang ke rumah dengan selamat," kata Thomas Doll.

Dengan sistem keamanan yang diperbaiki maka suporter bisa kembali datang dan menonton pertandingan di stadion. Thomas Doll juga berharap Liga 1 yang kini dihentikan sementara bisa kembali bergulir dengan kehadiran suporter.

"Saya berharap para suporter bisa melihat sepak bola kembali. Saya pikir suporter harus ada lagi karena sudah dua tahun tanpa sepak bola efek pandemi. Saya pikir jika tanpa penonton di stadion, itu bukan hal yang bagus," kata Thomas Doll .

4 dari 5 halaman

Bakal Berbeda

Pelatih Thomas Doll menyebut, sepak bola tanpa kehadiran suporter bakal aneh. Menurutnya, pengalaman itu akan sangat berbeda bila Persija Jakarta ditemani dan didukung suporter di stadion.

"Sepak bola tanpa suporter, menurut saya akan berbeda. Atmosfernya berbeda, sepak bola tanpa suporter seperti pertandingan latihan," ucap Thomas Doll.

"Tidak ada emosional yang semua dirasakan pemain dan tim serta mereka hanya menonton lewat televisi," tegas pelatih asal Jerman itu.

5 dari 5 halaman

Klasemen Sementara Liga 1

Video Populer

Foto Populer