Sukses


Iwan Bule Menantikan Izin Pemerintah untuk Melanjutkan Liga 1

Bola.com, Jakarta - Nasib Liga 1 2022/2023 masih belum jelas. Kompetisi telah terhenti di tengah pekan ke-11 pada 2 Oktober 2022 akibat tragedi Kanjuruhan.

PSSI juga masih belum dapat memastikan kelanjutan Liga 1. Pasalnya, pemerintah juga tidak kunjung memberikan lampu hijau.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengisyaratkan bahwa kepastian Liga 1 masih menantikan rekomendasi dari pemerintah.

"Kami terus berkoordinasi karena izinnya dari pemerintah," ujar pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu dinukil dari Antara.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pertimbangkan Opsi dari PT LIB

Sembari menunggu izin dari pemerintah, Iwan Bule mengungkapkan bahwa PSSI tidak berdiam diri untuk memikirkan jalannya Liga 1.

Iwan Bule menyatakan bahwa PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menyiapkan berbagai opsi jika sewaktu-waktu Liga 1 dapat dilanjutkan.

"PT LIB akan memaparkan opsi-opsi kelanjutan Liga 1 itu kepada kami," imbuh Iwan Bule.

3 dari 5 halaman

Jadwal Bisa Berubah

Jadwal Liga 1 sudah pasti berantakan. Kompetisi seharusnya memasuki pekan ke-15 pada periode 27-30 Oktober 2022. Artinya, terdapat empat pekan yang belum digelar.

Kabarnya, Liga 1 dapat kembali berputar pada akhir November 2022, atau tepatnya pada 26 atau 27 November 2022. Namun, PSSI enggan memastikan.

PSSI juga masih menunggu hasil kerja dari Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia yang telah dibentuk beberapa waktu lalu.

4 dari 5 halaman

Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia

Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia akan menelurkan sejumlah peraturan baru terkait keamanan dan keselamatan di stadion.

Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia terdiri dari perwakilan PSSI, berbagai kementerian, Polri, FIFA, hingga AFC.

Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan yang dipimpin oleh Menkopolhukam Mahfud MD telah memberi peringatan kepada PSSI.

5 dari 5 halaman

Peringatan TGIPF

"Pemerintah tidak akan memberikan izin pertandingan sepak bola profesional di bawah PSSI," tulis poin enam garis besar kesimpulan dan rekomendasi TGIPF kepada Presiden Jokowi.

"Yaitu Liga 1, Liga 2, dan Liga 3 sampai dengan terjadinya perubahan dan kesiapan yang signifikan oleh PSSI dalam mengelola dan menjalankan kompetisi sepak bola di Tanah Air," demikian bunyi poin enam itu.

Video Populer

Foto Populer