Sukses


Pemain-pemain Persib Menunggu BRI Liga 1: Adaptasi Dulu, Lama Enggak Bertanding

Bola.com, Bandung - Penjaga gawang Persib Bandung, Fitrul Dwi Rustapa tidak mempermasalahkan jika kelanjutan BRI Liga 1 2022/2023 akan digelar dengan sistem bubble dan tanpa penonton.

Terlebih lagi, dengan sistem tersebut bukan kali pertamanya dirasakan, sebab saat badai COVID-19 pun kompetisi sempat digulirkan dengan sistem Bubble dan tanpa penonton.

"Walaupun banyak orang yang menyayangkan (dengan sistem Bubble), tapi mungkin ini jalan yang terbaik dan yang lebih penting lagi Liga kembali jalan dan bertanding," ujar Fitrul Dwi Rustapa di mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Jumat (2/12/2022).

Kiper asal Tasikmalaya, Jawa Barat ini mengaku secara kondisi pun sudah sangat siap untuk kembali melakoni Liga 1, apalagi sudah menjalani latihan rutinitas bersama rekan-rekannya di Persib Bandung.

"Ya, kondisi saya baik, tetap terjaga, baik fisik dan mental meskipun kemarin liga tertunda dan Alhamdulillah ada kabar baik bahwa Liga akan segera digulirkan dengan sistem bubble. Itu menambah spirit," ucap Fitrul.

2 dari 6 halaman

Bertahap

Sebelumnya, Liga 1 2022/2023 akan dilanjutkan pada 2 Desember 2022, namun batal lantaran belum ada persetujuan dari pihak Kepolisian.

Bahkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) baru saja menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan Mabes Polri pada Selasa (29/11/2022).

"Jadi, kami belum bisa bicara kepastian kelanjutan Liga 1. Seperti pada 2 Desember 2022, 3 Desember 2022, atau seterusnya," ujar Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus dinukil dari Antara.

"Sebab, memang ada tahapan verifikasi yang mesti dilalui. Apalagi ada beberapa stadion yang selama ini belum disurvei," imbuh Ferry Paulus.

 

3 dari 6 halaman

Adaptasi

Sementara bek sayap Persib, Henhen Herdiana mengaku masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan atmosfer pertandingan meski secara fisik masih bisa terjaga.

Terhentinya kompetisi Liga 1 2022/2023 diakui Henhen Herdiana sedikit mempengaruhi terhadap permainan bersama rekan-rekannya di tim Maung Bandung.

"Kondisi fisik mungkin bisa terjaga. Tapi tidak tahu kalau buat dipakai bermain nanti karena kan berbeda, ada tekanan mental juga, ya harus adaptasi lagi. Mudah-mudahan tidak menjadi alasan," jelas Henhen Herdiana, Jumat (2/12/2022) di Kota Bandung.

4 dari 6 halaman

Uji Coba

Bahkan saat beruji coba lawan Persikabo 1973 belum lama ini, Henhen mengaku masih terasa berat sehingga perlu beradaptasi kembali. "Mudah-mudahan saja Liga bisa cepat bergulir lagi," harap Henhen Herdiana.

Terlebih, selama ini kata pemain bernomor punggung 12 di Persib ini, ia dan rekan-rekannya di tim hanya berlatih saja kemudian beruji coba dan melakukan gim internal.

"Memang dengan adanya gim internal dan uji coba pasti sangat membantu bagaimana progres kami ketika berlatih, bagaimana progres tim dalam membangun kekompakkan, tapi tetap kami berharap Liga 1 segera bergulir," kata Henhen.

5 dari 6 halaman

Harapan Henhen

Walau demikian, pemain asal Cijerah, Bandung ini mengaku tidak merasakan jenuh dalam menjalani latihan rutinitas di tengah ketidakpastian kelanjutan Liga 1 musim ini.

"Jenuh sih enggak karena sudah menjadi profesi saya sebagai pemain sepak bola, jadi ya dinikmati saja. Mudah-mudahan saja ada titik temu, sehingga liga cepat kembali bergulir," ucap Henhen.

Kepastian Liga 1 musim ini kabarnya masih menunggu izin dari pihak Kepolisian. Dan kabar yang beredar pada Minggu (5/12/2022) Liga 1 akan digulirkan dengan sistem Bubble di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

6 dari 6 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer