Sukses


Stadion Maguwoharjo Ready untuk Lanjutan BRI Liga 1

Bola.com, Sleman - Stadion Maguwoharjo menjadi satu di antara venue lanjutan BRI Liga 1 2022/2023. Stadion berkapasitas kurang lebih lebih 30 ribu penonton itu siap digunakan untuk pertandingan sisa putaran pertama musim ini.

Hal ini disampaikan kepala Dispora Sleman, Agung Armawanta. Agung menyatakan, Stadion Maguwoharjo telah dilakukan verifikasi dalam dua hari terakhir.

"Kalau dari informasi yang saya dapat tanggal 4 Desember 2022 sudah dipakai. Jadi dari Dispora, PU, UPT Stadion Maguwoharjo diundang Polda DIY untuk verifikasi. Di sana termasuk Panitia Pelaksana," ujar Agung Armawanta.

2 dari 5 halaman

Layak dengan Sejumlah Catatan

Agung Armawanta menjelaskan, dalam proses verifikasi disimpulkan bahwa Stadion Maguwoharjo bisa dipakai dengan sejumlah catatan. Selain itu, pertandingan yang digelar di markas PSS Sleman itu tidak akan dihadiri penonton.

"Dalam berita acara yang saya ketahui, Stadion Maguwoharjo sudah bisa dipakai namun tanpa penonton. Jadi untuk ke depan diminta segera ada perbaikan untuk bisa dihadiri penonton," katanya.

"Setelah itu harus ada penilaian kembali sejauh mana perbaikan yang telah dilakukan atas catatan yang ada. Jadi itu yang saya dapat infonya, form verifikasi cukup rigid dan detail untuk laik fungsi stadion," sambung Agung Armawanta.

 

3 dari 5 halaman

Segera Diperbaiki

Dikonfirmasi terpisah, Kepala UPT Stadion Maguwoharjo, Sumali mengatakan pada Jumat (2/12/2022) pihaknya telah menandatangani berita acara verifikasi dari Polda DIY.

Selain itu, Sumali juga memberikan sejumlah catatan terkait verifikasi Stadion Maguwoharjo ke pihak Dispora Sleman. Hal tersebut nantinya dapat ditindaklanjuti untuk perbaikan stadion.

 

4 dari 5 halaman

Sudah Diverifikasi

Sebelumnya Polri dan Menteri PUPR melakukan verifikasi lima stadion yang akan digunakan untuk lanjutan Liga 1. Kelima stadion tersebut yakni Stadion Manahan (Solo), Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Sultan Agung (Bantul), Stadion Moch Soebroto (Magelang), dan Stadion Jatidiri (Semarang).

Adapun lanjutan Liga 1 dipastikan setelah Mabes Polri mengeluarkan izin keramaian tentang Peraturan Polri (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Kompetisi putaran pertama Liga 1 akan dimulai 5 Desember 2022 tanpa penonton. Digelar dengan sistem bubble atau terpusat di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah dan akan berakhir pada Desember 2022. Sedangkan putaran kedua dan seterusnya direncanakan menggunakan sistem home and away dengan penonton yang dibatasi.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer