Sukses


Faktor Shin Tae-yong, Andik Vermansah Punya Feeling Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2022

Bola.com, Sleman - Mantan pemain Timnas Indonesia, Andik Vermansah, memiliki keyakinan kuat bahwa skuad Garuda bakal menjuarai Piala AFF 2022. Kehadiran Shin Tae-yong sebagai pelatih kepala hingga para pemain muda potensial menjadi alasannya.

Andik yang sudah mengantongi 30 caps bersama Timnas Indonesia ini menilai, skuad Merah Putih seolah memiliki wajah baru sejak ditangani oleh pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Di bawah nakhoda Shin Tae-yong, Timnas Indonesia menjelma tim yang mengandalkan para pemain-pemain muda potensial.

Timnas Indonesia tergabung di Grup A Piala AFF 2022 bersaing dengan Brunei, Kamboja, Filipina, dan musuh bebuyutan Thailand.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Duo Pemain Kunci

Setidaknya, Andik menyebut dua nama, yakni Witan Sulaeman, yang bermain di Liga Slovakia bersama AS Trencin, dan Asnawi Mangkualam yang merumput di Korea Selatan bersama Ansan Greeners.

"Bukannya saya menilai pelatih-pelatih sebelumnya ya, semenjak dilatih Shin Tae-yong era baru sepertinya sudah terlihat dan juga banyak pemain-pemain muda yang potensial dan saya rasa punya tenaga yang sangat bagus," kata Andik kepada Bola.com di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/12/2022).

"Banyak pemain muda, contoh ya kayak Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman. Era-era yang datang ini, saya rasa mereka selain punya tenaga yang sangat bagus, mereka punya visi bermain yang baik," imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Peluang Juara Piala AFF 2022

Andik mengatakan, peluang Indonesia untuk meraih gelar juara semakin besar karena beberapa negara pesaing tengah memiliki permasalahan sendiri.

Misalnya, di skuad timnas Malaysia, ada sebanyak 12 pemain menolak untuk membela tim nasional karena merasa butuh rehat setelah menjalani kompetisi domestik yang panjang.

Kemudian, skuat Thailand juga melakukan perombakan skuad yang cukup besar dari skuat juara Piala AFF 2020. Dari 23 nama pemain, hanya delapan nama saja yang akan tampil kembali di Piala AFF 2020.

"Feeling saya, dengan melihat negara-negara lain yang belum siap, sepertinya ini adalah tahunnya Indonesia juara. Maksudnya, (ada) kesempatan besar," ujar Andik.

"Ya bukannya kita meremehkan. Sebab, Malaysia banyak pemain yang mengundurkan diri. Lalu, Thailand katanya banyak pemain yang era kemarin tapi enggak dipanggil," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Persiapan Skuad Garuda

Meski belum pernah merasakan gelar juara, Andik memiliki keyakinan bahwa Piala AFF edisi tahun ini akan menjadi milik Timnas Indonesia.

Ada beberapa alasan bagi dirinya mengapa memiliki keyakinan tersebut, salah satunya adalah persiapan skuat Garuda yang matang.

Sebab, Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan telah menjalani pemusatan latihan (TC) di Lapangan Pantai Purnama, Bali, sejak 28 November 2022.

Selama berseragam Timnas Indonesia, Andik sudah tiga kali tampil di Piala AFF selama. Masing-masing penampilan itu dicatatkan pada edisi 2012, 2016, dan 2018.

Prestasi terbaiknya ialah mengantarkan Indonesia melaju hingga partai puncak pada edisi 2016. Namun, ketika itu Andik dan kawan-kawan tumbang dari Thailand dan gagal membawa pulang trofi juara.

Video Populer

Foto Populer