Sukses


Hasil BRI Liga 1: Berjuang dengan 10 Pemain, PSM Gagalkan Kemenangan Borneo FC dan Rebut Puncak Klasemen

Bola.com, Yogyakarta - Kemenangan Borneo FC yang sudah berada di depan mata akhirnya dikandaskan oleh 10 pemain PSM Makassar saat kedua tim bentrok pada laga pekan ke-17 kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, Jumat (23/12/2022) itu, Borneo FC dan PSM Makassar harus puas berbagi poin setelah laga berakhir sama kuat dengan skor 1-1.

Skuad Pesut Etam sebetulnya sempat unggul terlebih dahulu via sepakan keras yang dilesakkan oleh Stefano Lilipaly pada menit ke-64.

Namun, kemenangan ini dibuyarkan oleh gol telat yang dicetak oleh Wiljan Pluim seusai memanfaatkan kemelut di depan gawang Borneo FC pada menit ke-85.

2 dari 7 halaman

Minim Peluang di Babak Pertama

Sejak menit awal, Borneo FC memang jauh lebih dominan ketimbang PSM Makassar. Mereka mampu mendominasi penguasaan bila dan memaksa tim lawan bermain dengan garis pertahanan rendah.

Sementara itu, Juku Eja masih terlihat kesulitan untuk mengembangkan permainan. Berbagai upaya yang digalang oleh Wiljan Pluim dan kawan-kawan belum bisa membuahkan hasil

Selama paruh awal babak pertama, kedua tim cenderung minim peluang. Tembakan tepat sasaran pertama pun baru tercipta pada menit ke-26 via eksekusi bola mati Wiljan Pluim.

Hingga wasit meniup peluit tanda waktu turun minum tiba, tak ada gol yang mampu dicetak oleh kedua tim. Skor kaca mata menutup jalannya babak pertama.

3 dari 7 halaman

Babak Kedua Tak Jauh Beda

Pada babak kedua, kondisi di atas lapangan tak jauh berbeda. Sebab, Borneo FC dan PSM Makassar masih sama-sama kesulitan mencetak peluang.

Sebab, selama 25 menit awal, kedua tim tampak mengalami kebuntuan. Nyaris tidak ada situasi berbahaya yang sukses diciptakan masing-masing kubu.

Satu-satunya upaya yang ada hanyalah sepakan Matheus Pato pada menit ke-56. Namun, bola masih belum menemui sasaran.

4 dari 7 halaman

Pesut Etam Pecah Kebuntuan

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Borneo FC (@borneofc.id)

Pada menit ke-64, skuad Pesut Etam sukses memecah kebuntuan. Sepakan keras Stefano Lilipaly dari jarak jauh tak bisa diamankan oleh Reza Arya.

Juku Eja pun mendapatkan ujian berat karena harus tampil dengan 10 pemain. Sebab, Agung Mannan diusir keluar oleh wasit karena mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-66.

Menginjak menit ke-77, PSM sempat mendapat peluang emas untuk mencetak gol. Sayangnya, sepakan Everton Nascimento masih bisa ditepis oleh Angga Saputro.

Pada menit ke-85, perjuangan Juku Eja untuk menyamakan kedudukan berbuah manis via sepakan Wiljan Pluim yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Borneo FC.

5 dari 7 halaman

PSM Rebut Posisi Puncak

Tambahan satu poin ini sudah cukup bagi PSM Makassar untuk kembali merebut puncak klasemen sementara pada akhir putaran pertama BRI Liga 1 2022/2023.

Mereka saat ini mengumpulkan 33 poin dari 16 laga dan unggul selisih gol atas Madura United yang menguntit di bawahnya.

Sementara itu, Borneo FC berada di peringkat keempat. Mereka hanya kalah satu poin dari skuad Juku Eja.

6 dari 7 halaman

Daftar Susunan Pemain

Borneo FC (4-3-3): Angga Saputro (Kiper); Leo Guntara, Javlon Guseynov, Agung Prasetyo, Wildansyah (Belakang); Kei Hirose, Hendro Siswanto, Jonathan Bustos (Tengah); Andy Harjito, Matheus Pato, Stefano Lilipaly (Depan)

Pelatih: Andre Gaspar

PSM Makassar (3-5-2): Reza Arya (Kiper); Safrudin Tahar, Agung Mannan, Yuran Fernandes (Belakang); Dzaky Asraf, Ananda Raehan, Rasyid Bakri, Muhammad Arfan, Rizky Eka Pratama (Tengah); Wiljan Pluim, Everton Nascimento (Depan)

Pelatih: Bernardo Tavares

7 dari 7 halaman

Intip Persaingan Borneo FC dan PSM di Musim Ini

Video Populer

Foto Populer