Sukses


Wasit Asal Jepang Pimpin Leg Kedua Semifinal Piala AFF 2022 Vietnam Vs Timnas Indonesia: Ada Potensi Kartu Merah

Bola.com, Jakarta - Selama Piala AFF 2022, wasit sering menjadi sorotan, baik itu dari aspek teknis maupun non-teknis seperti kurang tegas dan sebagainya. Pada leg kedua semifinal antara Vietnam vs Timnas Indonesia, sepertinya bakal ada drama lanjutan.

Pada leg pertama semifinal Piala AFF 2022, wasit asal Oman Omar Al-Yaqoubi dicap kontroversial saat memimpin laga Timnas Indonesia vs Vietnam. Keputusannya membiarkan pelanggaran keras Doan Van Hau terhadap Dendy Sulistyawan jadi penyebabnya.

Pada semifinal lainnya yang mempertemukan Malaysia dan Thailand, wasit asal Korea Selatan, Kim Dae-yong, juga disorot. Sedikitnya ada dua keputusan kontroversial yang akhirnya memicu desakan penggunaan VAR pada Piala AFF 2022.

Nah, pada semifinal leg kedua Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023), ada wasit asal Jepang yang memimpin laga. Siapa dia?

 

2 dari 5 halaman

Araki Yusuke

Federasi Sepak Bola Asia Tenggara menunjuk Araki Yusuke sebagai pengadil pertandingan antara Vietnam vs Timnas Indonesia pada semifinal Piala AFF 2022.

Yusuke akan ditemani dua kompatriotnya yang bertugas sebagai hakim garis, yakni Watanabe Kota dan Hamamoto Yusuke. Sementara wasit keempat adalah Souei Vongkham dari Laos.

Araki Yusuke bukan wasit kemarin sore. Pengalamannya sebagai wasit sudah dimulai sejak 10 tahun lalu, di mana dalam tiga tahun terakhir sering memimpin laga-laga internasional.

 

3 dari 5 halaman

Ringan Kartu

Araki Yusuke dikenal sebagai wasit tegas, yang tidak jarang 'tega' mengeluarkan kartu dari sakunya. Sepanjang 2022 saja, dari 17 pertandingan di J-League dan Piala Asia U-23, empat kartu merah dilayangkan.

Leg kedua semifinal Piala AFF 2022 akan jadi kali kedua buat Araki Yusuke memimpin pertandingan yang melibatkan Vietnam. Pada Juni tahun lalu, ia menjadi wasit saat perempat final Piala Asia U-23 antara Vietnam U-23 berhadapan dengan Arab Saudi.

Menariknya, Yusuke menghadiahi Quan Van Chuan kartu merah. Vietnam U-23 kalah 0-2 dari Arab Saudi.

 

4 dari 5 halaman

Wasit Asal Jepang Lainnya

Menariknya lagi, laga nanti bukan kali pertama buat Vietnam di mana wasitnya berasal dari Jepang. Saat fase grup Piala AFF 2022, ada Sato Ryuji yang tak kalah kontroversial.

Kabar bagusnya, Vietnam menang 3-0 atas Malaysia. Hanya saja, wasit Ryuji memberikan kartu merah kepada dua pemain dari masing-masing tim, yakni Nguyen Van Toan dan Azam Azmi.

Sumber: AFF, Zingnews, Transfermarkt

5 dari 5 halaman

Jadwal Semifinal Piala AFF 2022

Leg I

Jumat, 6 Januari 2023

  • Timnas Indonesia vs Vietnam 0-0

Sabtu, 7 Januari 2023

  • Malaysia vs Thailand 1-0

Leg II

Senin, 9 Januari 2023

  • Pukul 19.30 WIB: Vietnam vs Timnas Indonesia (Stadion My Dinh, Hanoi)

Selasa, 10 Januari 2023

  • Pukul 19.30 WIB: Thailand vs Malaysia (Stadion Thammasat, Pathum Thani)

Video Populer

Foto Populer