Sukses


Big Match BRI Liga 1 Persib Vs Persija di Mata Luis Milla: Memang Bukan El Clasico, tapi Mirip

Bola.com, Bandung - Kemenangan Persib Bandung atas Persija Jakarta dalam laga sarat gengsi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Rabu (11/1/2023), tak lepas dari kecerdasan pelatih Luis Milla.

Pelatih asal Spanyol tersebut ternyata hapal betul bagaimana menjaga psikologis anak asuhnya dalam menghadapi duel bertajuk El Clasico Indonesia ini.

Maklum saja, selama berkarier, Luis Milla sempat berseragam Real Madrid. Artinya, dia sudah pernah merasakan laga El Clasico Real Madrid menghadapi Barcelona di Liga Spanyol.

Pelatih berusia 56 tahun ini juga berbicara perbedaan El Clasico Indonesia dengan Spanyol. Menurutnya, situasi pertandingan memang ada perbedaan.

2 dari 5 halaman

Suasana Sama

Namun, suasana tim dan suporter yang berada di stadion tak berbeda jauh. Dukungan penuh suporter terus menggema sepanjang pertandingan.

"Berbeda suasananya tapi perasaan yang dirasakan oleh orang-orang di sini tentunya sama. Mereka mendukung tim yang dibelanya tapi untuk kami sebagai pemain dan juga pelatih profesional harus memiliki ketenangan menghadapi pertandingan," ungkap Luis Milla.

Dalam melakoni laga dengan tensi tinggi, para pemain tentu mendapat tekanan besar dari luar. Akan tetapi, itu bisa diatasi jika pemain lebih tenang dalam berpikir.

3 dari 5 halaman

Seru karena Suporter

Suasana di stadion itu yang membuat pertandingan semakin seru.

"Atmosfernya mengenai pertandingan, pemain tentunya merasa tekanan yang lebih dan tim pelatih juga harus bisa berpikir tenang. Pelatih harus bisa membuat pemain tidak terlalu merasakan stres dan kepanikan," ujarnya.

Maka dari itu, yang lebih penting adalah tim fokus dan menganggap pertandingan melawan Persija seperti laga-laga lainnya.

4 dari 5 halaman

Kesempurnaan

Pemain pun bisa tampil lepas tanpa beban di lapangan.

"Memang ada tekanan yang lebih tapi dibutuhkan ketenangan agar tim bisa menghadapi laga dengan sempurna," tutur Milla.

"Itu tidak mudah tetapi saya sangat senang dengan situasi yang dialami pemain di tim kami, mereka melakukan persiapan dengan bagus," tambah eks pelatih Real Zaragoza ini.

Pada laga tersebut, Maung Bandung sukses menundukkan Persija Jakarta dengan skor tipis 1-0. Gol kemenangan Persib disumbangkan Ciro Alves menit ke-63.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer