Sukses


Pesona Marselino Ferdinan, Pemain Muda Penuh Potensi dan Andalan Timnas Indonesia Berbagai Level

Bola.com, Jakarta - Marselino Ferdinan tengah menjadi buah bibir. Itu menyusul performa apiknya bersama Persebaya Surabaya. Bersama Green Force, dia sudah mencatatkan tiga gol dan dua asssist dari tujuh laga di BRI Liga 1 2022/2023.

Terbaru, Marselino Ferdinan mencetak brace alias dua gol ketika Persebaya melumat Persita Tangerang 5-0 dalam pekan ke-19 BRI Liga 1 pada 18 Januari 2023.

Tak hanya di level klub, Marselino juga menunjukkan performa jempolan bersama Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur. Mulai dari kelompok usia 16 tahun, U-19, U-23, hingga senior.

Sebelumnya di ajang Piala AFF 2022, pemain berusia 18 tahun itu tampil mengesankan bersama Tim Garuda. Di sepanjang turnamen, Marselino Ferdinan membukukan satu gol dan satu assist dari lima pertandingan.

Sebiji gol yang diceploskan ke gawang Filipina menjadikannya sebagai pemain termuda Indonesia yang mencetak gol pada Piala AFF dalam usia 18 tahun, 3 bulan, dan 24 hari.

2 dari 5 halaman

Segera Berkarier di Luar Negeri?

Marselino memecahkan rekor Boaz Solossa pada gelaran Piala AFF 2004. Kala itu, Boaz mencetak gol di usia 18 tahun 9 bulan dan 1 hari. Sejauh ini Marsel sudah mencatatkan 10 caps di Tim Garuda.

Berkat penampilan apiknya itu, Marselino pun menjadi incaran klub-klub Eropa. Kabarnya salah satu klub asal Belgia berminat mendatangkan adik kandung dari pemain PSIS Semarang, Oktafianus Fernando tersebut.

Marsel bahkan disebut-sebut akan bertolak ke Belgia pada Rabu (25/1/2023). Laga versus Bhayangkara FC di BRI Liga 1 (23/1/2023) menjadi pertandingan terakhir pemain kelahiran 9 September 2004 itu bersama Bajul Ijo.

Lantas, apa saja keistimewaan Marselino Ferdinan yang selalu tampil konsisten di level klub maupun Timnas? Simak ulasannya dibawah ini.

3 dari 5 halaman

Tendangan Mematikan

Marselino Ferdinan dikenal memiliki tendangan jarak jauh yang mematikan. Kemampuan itu beberapa kali ditunjukkan Marselino di BRI Liga 1 musim 2021.

Salah satunya kala Persebaya melawan Arema FC pada 6 November 2021. Saat itu Marselino menghindarkan timnya dari kekalahan setelah mencetak gol spektakuler ke gawang Singo Edan. Tembakan keras Marsel dari luar kotak penalti gagal dihalau kiper Arema FC asal Brasil, Adilson Maringa.

Selain punya naluri gol yang tinggi, Marsel juga piawai dalam mengkreasikan serangan. Tak heran diusia yang masih begitu muda, dia mampu menembus skuad utama Persebaya. Bahkan jadi salah satu andalan Green Force dibawah kepelatihan Aji Santoso.

Bergabung sejak Maret 2021, kini total Marselino telah mencatat tujuh gol dan sembilan assist dari 29 pertandingan bersama Persebaya di BRI Liga 1.

4 dari 5 halaman

Punya Visi Bermain Oke

Marselino Ferdinan juga dinilai memiliki visi bermain yang bagus. Pujian ini sebelumnya dilontarkan sang pelatih, Aji Santoso.

Marselino disebut punya teknik mengontrol bola yang ciamik. Dia sangat cerdas dalam mengalirkan bola kepada rekan-rekannya di tim. Hal ini didukung kualitas individu yang baik, kecepatan berlari, plus kelincahan dalam menggiring bola.

Kemampuan passing, visi bermain, serta kontrol permainan membuktikan kapasitasnya sebagai salah satu gelandang terbaik yang dimiliki Tim Merah Putih.

Istimewanya lagi, Marselino pernah dinobatkan sebagai wonderkid terbaik dunia versi media Inggris, The Guardian pada 2021.

5 dari 5 halaman

Biodata dan Jejak Karier

Biodata:

  • Nama Lengkap: Marselino Ferdinan Philipus
  • Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta, 9 September 2004
  • Usia: 18 tahun
  • Tinggi Badan: 176 cm
  • Posisi: Gelandang Seranng

Karier:

  • Akademi Persebaya Surabaya (2019-2020)
  • Persebaya Surabaya (2021- sekarang)
  • Timnas Indonesia U-16 (2019-2020)
  • Timnas Indonesia U-20 (2022-sekarang
  • Timnas Indonesia U-23 (2021-sekarang)
  • Timnas Indonesia (2022-sekarang)

Video Populer

Foto Populer