Sukses


Bus Persis Diserang Suporter, Gibran Rakabuming Senggol Kapolri dan Erick Thohir hingga Singgung Tragedi Kanjuruhan

Bola.com, Solo - Insiden penyerangan bus yang ditumpangi pemain dan ofisial Persis Solo seusai laga melawan Persita Tangerang mendapat respons keras dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Bahkan, Gibran Rakabuming Raka sampai menginformasikan insiden pelemparan bus yang dialami Persis Solo ini kepada Kapolri, Jenderal Sigit Listyo Prabowo, hingga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

Gibran mengatakan, aksi penyerangan yang dilakukan oknum suporter ini merupakan imbas dari penanganan kasus Tragedi Kanjuruhan yang tidak tuntas.

Pasalnya, tidak ada oknum suporter yang mendapatkan hukuman akibat aksi perusakan dalam insiden yang menewaskan 135 korban jiwa tersebut.

“Mohon izin Pak Kapolri, Listyo Sigit Prabowo, mohon maaf jika saya lancang dan tidak sopan. Kejadian pelemparan terhadap bus pemain Persis Solo akan terus terjadi,” tulis Gibran melalui akun Twitter-nya, Sabtu (28/1/2023).

“Ini merupakan rangkaian dari tidak adanya tindakan tegas terhadap pelaku kerusuhan di Kanjuruhan,” kakak kandung dari bos Persis Solo, Kaesang Pangarep, itu menambahkan.

 

2 dari 4 halaman

Jadi Pekerjaan Rumah Erick Thohir

Gibran menyebut, apabila oknum suporter yang melakukan aksi perusakan pada Tragedi Kanjuruhan tidak mendapatkan hukuman, maka aksi-aksi kekerasan lainnya akan terus terjadi.

Pasalnya, tidak ada ancaman hukuman yang menjerat pelaku kekerasan di dunia sepak bola. Bahkan, Gibran juga mengingatkan Erick Thohir, bakal calon Ketua Umum PSSI, soal insiden ini.

Sebab, jika nantinya Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027, maka pekerjaan rumah terbesarnya adalah membenahi permasalahan seperti ini.

“Kalau di Malang tidak dihukum, maka yang lain tidak akan takut berbuat serupa. Dan ini akan terus terjadi selama tidak ada ketegasan terhadap suporter,” tulisnya.

“Saya berharap banyak kepada Pak Erick Thohir. Ini PR (pekerjaan rumah) besar untuk jenengan (Anda),” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Insiden Penyerangan Bus Persis

Aksi penyerangan terhadap bus yang ditumpangi Persis Solo terjadi seusai pertandingan pekan ke-21 kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 melawan Persita Tangerang.

Seusai aksi penyerangan ini terjadi, sejumlah foto dan video yang berisi detik-detik pelemparan sejumlah oknum suporter pun tersebar di media sosial.

Akibat aksi serangan yang dilakukan sekelompok oknum tersebut, kaca bus mengalami keretakan. Bahkan, ada pula beberapa bagian yang kacanya sudah menganga karena berlubang.

Sejumlah pemain Laskar Sambernyawa juga membagikan ulang potongan video penyerangan tersebut melalui akun Instagram-nya masing-masing.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer