Sukses


Hasil BRI Liga 1: Tumbangkan Madura United, Persebaya Perpanjang Tren Kemenangan

Bola.com, Pamekasan - Persebaya Surabaya sukses melanjutkan tren positifnya saat bertamu ke markas Madura United pada pertandingan pekan ke-21 kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Minggu (29/1/2023) sore, Persebaya Surabaya sukses mencuri tiga poin setelah menang 2-0 atas Madura United.

Gol pertama skuad Bajul Ijo pada laga ini dicetak oleh Leo Lelis (52’). Mereka pun sukses menyegel kemenangan dengan gol Ahmad Nufiandani pada menit ke-86.

Dengan hasil ini, tim asuhan Aji Santoso itu sukses melanjutkan tren kemenangannya menjadi empat laga beruntun setelah sebelumnya menang atas Dewa United (2-1), Persita Tangerang (5-0), dan Bhayangkara FC (2-1).

Sementara itu, kekalahan ini menjadi nestapa bagi Madura United. Mereka dipaksa menelan tiga kekalahan beruntun setelah sebelumnya tumbang dari Persib Bandung (0-1) dan Persik Kediri (0-2).

2 dari 6 halaman

Babak Pertama

Persebaya Surabaya sudah memperlihatkan dominasinya sejak menit awal. Meskipun berstatus sebagai tim tamu, Bajul Ijo mampu menguasai bola selama 20 menit awal jalannya pertandingan.

Ancaman pertama yang dilancarkan tim tamu lahir dari sepakan Paulo Victor. Namun, sepakan striker asal Brasil ini masih jatuh di pelukan Miswar Saputra.

Setelah melewati menit ke-20, Madura United perlahan-lahan keluar dari area pertahanannya. Mereka mulai memberikan ancaman.

Pada menit ke-37, Persebaya sebetulnya berpeluang membuka keunggulan. Sebab, Cleberson Martins dianggap melakukan hand-ball di area kotak penalti.

Sayangnya, Paulo Victor yang menjadi eksekutor gagal menuntaskan tugasnya dengan baik. Sepakannya masih bisa terbaca dan dihalau oleh Miswar Saputra.

Hingga wasit meniup peluit tanda turun minum tiba, tidak ada gol yang tercipta. Madura United dan Persebaya Surabaya menutup babak pertama dengan skor kaca mata.

3 dari 6 halaman

Babak Kedua

Persebaya Surabaya masih belum berhenti melancarkan serangannya ke area pertahanan Madura United. Ada sejumlah peluang yang sukses diciptakan skuad asuhan Aji Santoso.

Namun, upaya mereka untuk memecah kebuntuan baru terwujud pada menit ke-51. Umpan silang Ze Valente sukses disambut dengan tandukan oleh Leo Lelis. Skor berubah menjadi 1-0.

Setelah tertinggal, Laskar Sappe Kerab mencoba untuk merespons. Mereka mulai mengambil alih kendali permainan untuk mencuri gol penyama kedudukan.

Ada beberapa peluang berbahaya yang mampu diciptakan oleh Madura United. Mulai dari Lulinha hingga Alberto Goncalves, tapi belum bisa membuahkan gol.

Di tengah gempuran Madura United, Persebaya justru berhasil menambah keunggulannya via skema serangan balik cepat yang diinisiasi oleh Paulo Victor.

Paulo sempat berlari cepat hingga melewati Miswar Saputra di tengah lapangan. Bola lalu disambar oleh Ahmad Nufiandani yang berlari kencang untuk meneruskan bola ke gawang Madura United.

Hingga pertandingan berakhir, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Persebaya Surabaya sukses mempertahankan keunggulan 2-0 atas Madura United.

4 dari 6 halaman

Persaingan di Klasemen Sementara

Dengan kemenangan ini, Persebaya Surabaya mulai ancang-ancang naik ke papan atas klasemen kompetisi BRI Liga 1.

Untuk saat ini, tim asal Kota Pahlawan itu sudah berada di urutan ketujuh klasemen sementara. Mereka mengumpulkan 31 poin dari 20 pertandingan.

Adapun Madura United masih tertahan di peringkat keempat. Anak asuh Fabio Lefundes mengantongi 36 poin dari 21 pertandingan. Jumlah ini sangat rentan disusul kontestan lainnya.

5 dari 6 halaman

Daftar Susunan Pemain

Madura United (4-2-3-1): Miswar Saputra; Reva Adi Utama, Cleberson Martins, Kadek Raditya, Novan Setya Sasongko; Lee Yu-joon, Hugo Gomes; Lulinha, Esteban Vizcarra, Malik Risaldi; Alberto Goncalves;

Pelatih: Fabio Lefundes

Persebaya Surabaya (4-2-3-1): Ernando Ari; Koko Ari, Leo Lelis, Rizky Ridho, Altalariq Ballah; Muhammad Hidayat, Alwi Salamat; Muhammad Iqbal, Ze Valente, Sho Yamamoto; Paulo Victor

Pelatih: Aji Santoso

6 dari 6 halaman

Lihat Peringkat Tim Jagoanmu di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer