Sukses


9 Pemain Muda Persija Dipanggil TC Timnas Indonesia U-20, Thomas Doll: Biarkan Dulu di Sini, Nanti Fantastis saat Piala Dunia U-20!

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, merespons pemanggilan 9 pemain muda Persija Jakarta mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 pada 1 hingga 28 Februari 2023. Pelatih asal Jerman itu merasa tidak suka dengan rencana itu.

Dari 30 pemain Timnas Indonesia U-20 yang dipanggil PSSI mengikuti pemusatan latihan persiapan Piala Asia U-20 2023, 9 di antaranya adalah pemain muda Persija Jakarta. Macan Kemayoran menjadi klub dengan jumlah pemain terbanyak dalam pemusatan latihan tersebut.

Sembilan pemain tersebut adalah Achmad Maulana Syarif, Alfriyanto Nico, Cahya Supriadi, Doni Tri Pamungkas, Frengky Missa, Ginanjar Wahyu, Muhammad Ferarri, Resa Aditya Nugraha, dan Barnabas Sobor.

Mendapatkan pertanyaan mengenai situasi tersebut setelah Persija menang 1-0 atas Persikabo 1973 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (29/1/2023), Thomas Doll terlihat kecewa. Bahkan ia bertanya apakah hal seperti ini adalah sesuatu yang wajar.

"Yang Anda katakan mengenai 9 pemain dipanggil tim nasional itu, apakah itu sesuatu yang bagus?" tanya Thomas Doll dalam konferensi pers.

"Ini sama seperti dulu, karena para pemain muda ini memang tampil bagus dalam beberapa pertandingan terakhir. Kami tidak senang dengan situasi ini karena tentu tidak mudah bagi kami. Semua orang tahu pendapat saya mengenai situasi ini," tegas pelatih Persija Jakarta itu.

 

 

2 dari 5 halaman

Bakal Bahas dengan Manajemen Klub

Tampaknya Thomas Doll benar-benar serius mengenai keinginannya agar para pemain muda Persija Jakarta tak perlu pergi mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20.

Pelatih asal Jerman itu menegaskan bakal bicara dengan manajemen klub mengenai situasi saat ini.

"Saya akan bicara dulu dengan manajemen klub, dan tentu saya tidak senang dengan hal ini," tegasnya.

Bahkan Thomas Doll tak ragu untuk menyindir situasi aneh yang mengharuskannya melepas para pemain muda tersebut.

"Mungkin saya akan bertemu lagi dengan mereka pada musim depan, bukan musim ini," ujarnya menyindir.

3 dari 5 halaman

Lebih Baik di Persija Dulu, Pergi ke Timnas Indonesia saat Piala Dunia U-20

Sempat terjeda karena Riko Simanjuntak memberikan jawaban untuk pertanyaan yang lain, Thomas Doll kemudian tampak tak bisa menahan pemikirannya terkait pemanggilan 9 pemain muda Persija Jakarta mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20.

"Anda tahu apa pendapat saya? Biarkan mereka bermain di sini!" tegas Thomas Doll.

"Mereka bermain setiap pertandingan di depan 30 hingga 40 ribu orang, bermain baik dalam beberapa pekan terakhir, sehingga mereka bisa tampil fantastis di Piala Dunia U-20 pada musim panas nanti."

"Namun, untuk memanggil mereka dari Persija saat ini, itu tidak bagus bagi para pemain muda itu maupun untuk Persija," tegasnya.

 

4 dari 5 halaman

Persija Jalani 6 Pertandingan Selama TC Timnas Indonesia U-20 Berlangsung

Keinginan Thomas Doll agar 9 pemain muda Persija Jakarta tidak dilepas mengikuti TC Timnas Indonesia U-20 bisa dimengerti. Pelatih asal Jerman itu harus kehilangan opsi pemain muda dalam enam pertandingan BRI Liga 1.

Ya, Persija akan menjalani enam pertandingan BRI Liga 1 sepanjang TC Timnas Indonesia U-20 digelar di Jakarta, mulai dari kontra RANS Nusantara FC, Persita Tangerang, Arema FC, Bhayangkara FC, Barito Putera, dan Madura United.

Dengan kondisi Persija saat ini berada di puncak klasemen BRI Liga 1, kehilangan banyak pemain muda dalam enam laga penting hanya karena mengikuti latihan bersama tim nasional kategori umur, tentu bukan situasi yang menyenangkan bagi Thomas Doll.

5 dari 5 halaman

Posisi Persija di BRI Liga 1 saat Ini

Video Populer

Foto Populer