Sukses


Kisah Sedih Marc Klok: Ayah Tiri Meninggal Dunia Saat Hari Keduanya Berada di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Marc Klok pertama kali datang ke Indonesia pada 2017. Saat itu Klok yang sedang bermain di Skotlandia bersama Dundee FC menerima tawaran dari PSM Makassar.

Marc Klok menerima tawaran itu. Sebab, saat itu kariernya di Skotlandia sedang tidak dalam kondisi yang bagus.

Klok pun kaget saat itu dengan sambutan yang ia terima di Makassar. Dimana banyak sekali orang yang memintanya berfoto. Sesuatu yang tidak ia dapatkan di Skotlandia.

"Rasanya aneh, ketika saya pertama datang orang-orang bilang superstar datang ke Makassar. Meminta saya berfoto, tanda tangan. Di Skotlandia tidak ada orang yang mengenal saya," ungkap Klok dalam Podcast 433: The Home of Football.

"Saya agak kaget saat itu, wow ini hidup yang baru, saya bisa hidup dengan ini saya pikir," sambung Marc Klok.

2 dari 3 halaman

Cobaan Berat

Namun, pada hari keduanya berada di Indoesia, Marc Klok mendapatkan cobaan yang berat. Ayah tirinya meninggal dunia saat itu.

Kondisi itu membuat Marc Klok sempat ada dalam situasi kebingungan. Apalagi ia datang ke Indonesia sendirian, tanpa siapapun yang mendampingi.

"Pertama saya mengambil tantangan untuk bermain di negara yang jauh sendirian tanpa keluarga, tanpa pasangan. Saya juga dalam perjalanan menemukan keikhlasan," ujarnya.

Marc Klok pun sempat ingin kembali ke Belanda. Ia ingin menemani sang ibu yang sedang berduka. Namun, sang ibu juga lah yang menguatkan Klok untuk tetap bertahan di Tanah Air.

"Setelah sehari tiba di Indonesia, saya tentu kaget, terutama terhadap ibu saya. Saya tidak tahu cara mendeskripsikannya," katanya.

"Saya sedih sekali untuk ibu saya, saya waktu itu ingin kembali bersama ibu saya. Namun, ibu saya mengatakan saya untuk tetap di Indonesia, dan ketika situasinya sudah membaik dia datang ke sini," sambung Klok.

3 dari 3 halaman

Membuat Bangga Orang Tua

Marc Klok pun menjadikan kejadian itu sebagai motivasi tambahan baginya. Ia sangat ingin membuat ibu dan ayahnya bangga.

"Saya bertekad apapun yang terjadi saya akan membuat ibu dan ayah saya bangga, saya harus melakukan itu untuk mereka," tandasnya.

Marc Klok kemudian tetap melanjutkan kariernya di PSM Makassar. Ia bahkan sempat pindah ke Persija Jakarta pada 2020. Saat ini, ia menjadi bagian dari Persib Bandung.

Marc Klok juga mendapatkan status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Sejak menjalani debut pada 2022, ia terus menjadi andalan di lini tengah Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer