Sukses


Duel Antarlini Persija Vs RANS Nusantara FC di BRI Liga 1: Pertarungan Bakal Sengit

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta menjamu RANS Nusantara FC dalam laga pekan ke-22 BRI Liga 1 2022/2023 yang bakal berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (3/2/2023) sore WIB.

Persija Jakarta saat ini berada di posisi kedua dalam klasemen BRI Liga 1 2022/2023 dengan 41 poin, terpaut satu poin saja dari Persib Bandung yang berada di puncak klasemen.

Macan Kemayoran menjamu RANS Nusantara FC dengan modal kemenangan dalam dua laga terakhirnya, yang juga digelar di Stadion Patriot. Persija menang 4-2 atas PSM Makassar dan 1-0 atas Persikabo 1973 dalam dua laga terakhir.

Dalam pertemuan pertama kedua tim pada musim ini, Persija Jakarta berhasil meraih kemenangan telak 3-0 di Stadion Pakansari, Cibinong. Artinya, Macan Kemayoran punya banyak modal bagus untuk meraih kemenangan.

Namun, RANS Nusantara FC yang barus saja mengganti pelatih kepala setelah rangkaian hasil minor dalam enam laga terakhir, datang dengan nuansa baru. Pelatih Rodrigo Santana didatangkan untuk bisa memperbaiki permainan The Prestige Phoenix.

Satu hal yang pasti, kehadiran pelatih baru di kubu RANS Nusantara FC akan membuat Persija Jakarta tidak bisa benar-benar mempersiapkan diri menghadapi permainan lawan. Namun, Thomas Doll diyakini bakal memainkan skuad terbaik.

2 dari 6 halaman

Siapa Dewa Pelindung yang Lebih Baik?

Mulai dari sosok yang berdiri di bawah mistar gawang, Persija Jakarta punya Andritany Ardhiyasa yang selalu menjadi andalan. Andritany sejauh ini memperlihatkan performa yang terbilang bagus.

Andritany tak tergantikan dalam 21 pertandingan yang dijalani Persija sejauh ini. Andritany mencatatkan 7 clean sheet dan kebobolan 17 gol hingga saat ini.

Kiper RANS Nusantara FC, Hilman Syah (kiri) dan Edo Febriansyah dalam laga pekan ke-2 BRI Liga 1 2022/2023 antara RANS Nusantara FC melawan PSS Sleman di Stadion Pakansari, Bogor, Jumat (29/7/2022) malam WIB. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sementara itu, di pihak RANS Nusantara FC ada Hilman Syah. Mantan kiper PSM Makassar itu sejauh ini sudah mendapat kepercayaan tampil dalam 15 pertandingan dari total 21 laga yang dimainkan RANS.

Posisi Hilman Syah sepertinya tidak akan goyah untuk pertandingan ini. Pelatih baru RANS diyakini akan tetap memberikan kepercayaan kepada Hilman untuk melihat lebih dulu permainan timnya.

 

 
3 dari 6 halaman

Tembok Pertahanan yang Kukuh

Dalam kemenangan yang diraih pada dua laga terakhir, Persija Jakarta menerapkan formasi tiga bek dengan skema 3-4-3. Thomas Doll memainkan Ondrej Kudela, Hansamu Yama, dan Muhammad Ferrari sebagai trio pertahanan.

Sementara itu, Firza Andika dan Rio Fahmi berada di lini tengah meski bermain sebagai sayap. Keduanya adalah pemain yang langsung turun ke belakang ketika tim lawan melakukan serangan balik yang cepat.

Sementara itu, ketika masih ditangani oleh Rahmad Darmawan, RANS Nusantara FC memainkan posisi 4-3-3.

Jika tidak ada perubahan yang dilakukan Rodrigo Santana di lini pertahanan, duet Edo Febriansyah dan Arif Satria masih akan berada di pusat pertahanan, sementara di sisi sayap ada Ady Setiawan dan Willian Correia.

4 dari 6 halaman

Pertarungan di Lini Tengah

Dalam dua pertandingan terakhir yang dijalani Persija Jakarta, Thomas Doll selalu memainkan Resky Fandi di lini tengah. Ia berduet bersama Syahrian Abimanyu atau Hanif Sjahbandi, tergantung siapa yang lebih fit dan siap untuk bertanding.

Penampilan Resky Fandi bersama Persija pada musim ini cukup impresif. Thomas Doll pun sudah mempercayakannya tampil dalam 18 pertandingan hingga sejauh ini.

<p>Pemain Persija Jakarta, Syahrian Abimanyu (kanan) terjatuh saat berebut bola dengan pemain Rans Nusantara FC, Makan Konate pada laga persahabatan antara Persija Jakarta menghadapi Rans Nusantara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Sabtu (16/7/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)</p>

Sementara di kubu RANS Nusantara FC, Makan Konate diyakini akan kembali menjadi andalan, terutama sebagai aktor yang memulai penyerangan.

Pemain asal Mali itu akan dibantu oleh Mitsuru Maruoka yang terkenal cukup intens bekerja keras di lini tengah The Prestige Phoenix.

5 dari 6 halaman

Adu Ketajaman

Bicara produktivitas mencetak gol, Persija Jakarta dan RANS Nusantara FC tak berbeda jauh. Macan Kemayoran berhasil mencetak 28 gol sejauh ini, sementara RANS Nusantara FC mencatatkan 27 gol.

Dari 28 gol yan dibuat Persija, tercatat 15 di antaranya dicetak oleh barisan depan. Abdullah Yusuf Helal mencetak delapan gol, Michael Krmencik mencetak 5 gol, dan dua gol lain dicetak oleh pemain lokal, Aji Kusuma, yang mencetak brace saat menghadapi PSM Makassar.

Sementara di kubu RANS Nusantara FC, harus diakui torehan gol terbanyak dicetak Makan Konate dan Mitsuru Maruoka dengan masing-masing mencetak lima gol.

Namun, ujung tombak RANS juga cukup tajam. Wander Luiz dan Septian Satria Bagaskara masing-masing mencetak empat gol, yang membuat mereka patut diwaspadai oleh Ondrej Kudela dan Hansamu Yama di area pertahanan Persija.

6 dari 6 halaman

Posisi Persija dan RANS Nusantara FC di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer