Sukses


Hasil BRI Liga 1: Usai Persib Kalah, Persija Juga Ditaklukkan Borneo FC

Bola.com, Jakarta - Hasrat Persija Jakarta untuk menggeser posisi Persib Bandung sebagai runner up klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023 gagal terwujud.

Ya saat Persib dikalahkan Persik dengan skor 0-2, di hari sama, Persija juga harus membawa pulang nol poin dari partai tandang. 

Karena tim besutan Thomas Doll itu menyerah 1-3 dari tuan rumah Borneo FC, Rabu (08/03/2023). Bermain di Stadion Segiri, Samarinda, tiga gol Borneo diciptakan oleh Sihran Amarullah, Terens Puhiri dan Matheus Pato.

Sedangkan Persija sempat menyamakan kedudukan lewat Osvaldo Haay. Namun, Persija kehilangan konsentrasi setelah mencetak gol. Sehingga mereka kecolongan dua gol di babak kedua.

 

 

2 dari 6 halaman

Awal Babak Pertama

Dua tim tancap gas sejak menit awal. Persija memiliki peluang emas lebih dulu saat pertandingan baru berjalan 5 menit. Striker Aji Kusuma lepas dari kawalan dan berhadapan dengan kiper Borneo FC.

Namun aksinya bisa dihentikan sang kiper Angga Saputro. Lima menit berselang, Borneo membalasnya dengan sebuah gol. Crossing Stefano Lilipaly ditanduk winger mungil Sihran Amarullah. Tuan rumah unggul 1-0 di menit 10.

Borneo semakin nyaman memainkan bola-bola pendek setelah mencetak gol. Mereka lebih menguasai lini tengah. Maklum, mereka hanya menempatkan satu gelandang bertahan. Yakni Hendro Siswanto. Lainnya dihuni Adam Alis dan Jonathan Bustos. Para gelandang kreatif yang karakternya cenderung menyerang.

Tapi di pertengahan babak pertama, permainan berimbang. Persija sempat menguasai permainan. Namun bola hanya berkutat di lini tengah.

Kecepatan dua sayap Persija, Riko Simanjuntak dan Witan Sulaeman seperti sudah diantisipasi lini belakang Borneo. Selain itu transisi bertahan tumah rumah juga rapi. Namun tidak ada gol lagi yang tercipta hingga babak pertama usai.

 

3 dari 6 halaman

Babak Kedua, Persija Tingkatkan Intensitas Serangan

Di paruh kedua, Persija meningkatkan intensitas serangan. Mereka bernafsu mengejar ketertinggalan. Karena Persija butuh tiga poin untuk memangkas jarak poin dengan pimpinan klasemen Liga 1, PSM Makassara atau setidaknya mereka ingin menggeser posisi Persib Bandung di posisi kedua.

Menit 50, Persija mulai punya peluang. Mereka punya kesempatan lewat tendangan bebas yang posisinya tepat mengarah ke gawang. Namun, eksekusi Syahrian Abimanyu melenceng di kiri gawang Borneo.

Setelah itu, menit 54 peluang kembali didapat Macan Kemayoran. Aji Kusuma yang menang adu lari dengan Diego Michiels mengirimkan crossing ke Riko Simanjuntak yang berdiri bebas didepan gawang. Tapi bola masih melambung.

Ketika Persija mulai gencar memberikan serangan, Borneo menumpuk pemainnya didaerah sendiri. Terkesan mereka bermain seperti tim tamu di depan pendukungnya yang memadati Stadion Segiri, Samarinda.

Mereka mengandalkan serangan balik ketika bisa mencuri bola dari kaki pemain Persija. Baru di menit 66, winger Borneo, Stefano Lilipaly hampir menggandakan keunggulan. Tendangan bebasnya mengarah ke sudut kanan gawang Persija. Namun Andritany masih bisa menepisnya.

 

 

4 dari 6 halaman

Beradu Skema Pergantian Pemain

Adu strategi terlihat lewat pergantian pemain di menit 68. Pelatih Persija, Thomas Doll menambah kreatifitas lini depan dengan memasukkan Osvaldo Haay dan Arta Samosir.

Sementara Borneo melakukan penyegaran di lini belakang dan depan. Pelatih Pieter Huistra memasukkan Agung Prasetyo dan winger cepat Terens Puhiri.

Persija berhasil dengan pergantian pemainnya. Di menit 77, sebuah umpan terobosan Samosir membuat Riko bisa masuk kedalam kotak penalti. Crossingnya disambut sontekan Osvaldo Haay untuk membuat skor imbang 1-1.

Namun kedudukan ini tak belangsung lama. Menit 79 giliran Borneo yang membalas dengan gol kedua. Lagi-lagi aktornya Stefano Lilipaly yang mengirim crossing ke dalam kotak penalti. Umpan tersebut disambut sentuhan minim pemain pengganti Terens Puhiri. Borneo kembali unggul 2-1.

Menit 85, Terens memberikan umpan terobosan kepada Matheus Pato yang berlari kedalam kotak penalti. Namun tendangannya menyamping tipis di tiang dekat.

Menit 87 akhirnya Pato benar-benar mencatatkan namanya di papan skor. Persija yang sedang fokus mengejar ketertinggalan dihukum dengan serangan balik.

Jonathan Bustos memberikan trough pass yang membuat Pato langsung berhadapan dengan kiper lawan. Dengan dingin, Pato mencongkel bola melewati Andritany.

 

5 dari 6 halaman

Prediksi Susunan Pemain

  • Borneo FC (4-1-2-3): Angga Saputro (kiper); Fajar Faturrohman, Diego Michiels, Julio Cesar, Irsan Lestaluhu (belakang); Hendro Siswanto; Adam Alis, Jonathan Bustos (tengah); Stefano Lilipaly, Matheus Pato, Sihran Amarullah (depan).
  • Pelatih: Pieter Huistra.
  • Persija Jakarta (3-4-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Hansamu Yama; Ondrej Kudela, Hanif Sjahbandi (belakang); Rio Fahmi, Resky Fandi, Syahrian Abimanyu, Firza Andika (tengah); Riko Simanjuntak, Aji Kusuma, Witan Sulaeman (depan).
  • Pelatih: Thomas Doll.
6 dari 6 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Video Populer

Foto Populer