Sukses


5 Bintang Timnas Brasil yang Bersinar Setalah Menjuarai Piala Dunia U-20 2011, Kembali Terulang di Indonesia?

Bola.com, Jakarta - Timnas Brasil U-20 meraih sukses besar di Piala Dunia U-20 2011. Dalam turnamen yang digelar di Kolombia itu, Selecao Muda sukses keluar sebagai juara.

Tim asuhan Ney Franco tersebut sebenarnya tampil kurang meyakinkan pada laga perdana Grup E. Timnas Brasil U-20 bermain imbang 1-1 saat melawan Mesir pada laga pembuka.

Namun, pada dua laga selanjutnya, Brasil tampil apik. Philippe Coutinho dan kawan-kawan menang 3-0 atas Austria dan 4-0 atas Panama.

Laju Timnas Brasil U-20 pun mulus sampai final. Pada partai puncak mereka mengalahkan Portugal dengan skor 3-2. Pertandingan itu berjalan hingga extra time.

Henrique Almeida meraih penghargaan pemain terbaik pada turnamen itu. Namun, pemain Brasil U-20 itu tak berkembang di level senior.

Justru lima pemain Timnas Brasil U-20 di bawah ini yang meraih sukses besar selepas Piala Dunia U-20 2011.

2 dari 6 halaman

Casemiro

Casemiro tak melulu menjadi pilihan utama di Piala Dunia U-20 2011. Namun, Casemiro mampu berkembang menjadi pemain yang luar biasa di level senior.

Casemiro mendapatkan tawaran pindah ke Real Madrid Castilla pada 2013. Ia sempat menjalani peminjaman ke FC Porto sebelum bisa menembus skuad utama Real Madrid.

Pemain yang kini berusia 31 tahun itu pun meraih sukses besar di Spanyol. Ada banyak gelar juara yang diraih, termasuk lima gelar Liga Champions yang ia persembahkan untuk Los Blancos.

Sejak musim panas 2022, Casemiro memulai tantangan baru di Inggris. Kini ia menjadi gelandang andalan Manchester United, dan sudah mempersembahkan trofi Carabao Cup musim ini.

3 dari 6 halaman

Philippe Coutinho

Talenta Philippe Coutinho sudah tercium Inter Milan sejak 2008. Namun, ia baru pindah ke Italia pada 2010.

Karier Coutinho di Inter tak berjalan mulus. Bahkan, ia harus dipinjamkan ke klub Spanyol, Espanyol pada musim 2012/2013.

Kepindahan Philippe Coutinho ke Liverpool pada musim panas 2013 mengubah kariernya. Ia kemudian dikenal sebagai satu di antara gelandang serang terbaik saat itu.

Barcelona pun tak ragu mengeluarkan dana 135 juta euro untuk Coutinho pada musim dingin 2018. Sayangnya, transfer itu tak sesuai harapan. Kini, Coutinho kembali ke Inggris dengan memperkuat Aston Villa.

4 dari 6 halaman

Danilo

Danilo masih bermain di Santos saat Piala Dunia U-20 2011. Tampil apik pada turnamen itu membuat FC Porto yakin untuk memboyongnya pada tahun yang sama.

Danilo bermain apik selama di Portugal. Real Madrid pun tak ragu meminangnya pada musim panas 2015 dengan biaya 31 juata euro.

Bek sayap satu ini sempat bermain di Inggris bersama Manchester City. Sejak musim panas 2019, ia meninggalkan Inggris untuk bermain di Italia bersama Juventus.

Danilo masih menjadi bagian penting bagi Juventus. Bahkan menjadi kapten klub tersebut pada musim ini.

5 dari 6 halaman

Alex Sandro

Alex Sandro memiliki jalan karier yang mirip dengan Danilo. Keduanya pernah bermain di Santos dan FC Porto.Dua pemain tersebut juga sama-sama menjadi andalan di lini belakang Brasil saat menjadi juara di Piala Dunia U-20 2011.

Dana sebesar 28 juta euro dikeluarkan Juventus untuk mendatangkan Danilo dari FC Porto pada musim panas 2015. Sampai saat ini pemain yang sudah berusia 32 tahun itu masih berada di Turin.

Alex Sandro sudah tak sepecat dulu. Namun, dalam beberapa laga tenaganya masih cukup dibutuhkan oleh Juventus.

6 dari 6 halaman

Oscar

Bersama Henrique, Oscar menjadi pilar utama Brasil pada Piala Dunia U-20 2011. Oscar bahkan mencetak hat-trick pada final melawan Portugal.

Karier Oscar terus menanjak setelah turnamen itu. Chelsea mengeluarkan 32 juta euro untuk menebusnya dari klub Brasil, Internacional pada musim panas 2012.

Karier Oscar di Chelsea terbilang bagus. Ada dua gelar Premier League dan satu titel juara Liga Europa yang diberikan Oscar kepada Tim London Biru.

Namun, Oscar membuat kejutan dengan menerima tawaran dari Shanghai SIPG pada musim dingin 2017. Shanghai saat itu mengeluarkan 60 juta euro untuk mengamankan tanda tangan Oscar.

Sampai saat ini Oscar masih bermain di China. Meski Shanghai SIPG sudah berubah namanya menjadi Shanghai Port.

Video Populer

Foto Populer