Sukses


Fachruddin Aryanto Belum Bertanding setelah Piala AFF 2022, Kok Shin Tae-yong Ngotot Panggil ke Timnas Indonesia?

Bola.com, Jakarta - Fachruddin Aryanto belum pernah bermain buat Madura United setelah membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Namun, bek berusia 34 tahun itu tetap dipanggil Tim Garuda untuk melawan Burundi.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyertakan 28 pemain untuk menghadapi kontra Burundi, termasuk Fachruddin yang absen dalam 14 partai terakhir Madura United di BRI Liga 1.

Timnas Indonesia akan dua kali berlatih tanding dengan Burundi dalam FIFA Matchday pada akhir bulan ini di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada 25 Maret 2023 dan tiga hari berselang.

Fachruddin telah menjadi kapten Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Dia hanya sekali absen di Piala AFF 2022. Sisanya, bermain enam kali selama 90 menit.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Cedera Lutut

Sehabis membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Fachruddin mengalami cedera lutut. Namun, kondisinya telah membaik sejak akhir Februari 2023.

"Setelah saya melatih Timnas Indonesia, Fachruddin memang terus-menerus menjadi kapten," ungkap Shin Tae-yong.

"Dia adalah satu di antara pemain yang mau melakukan pengorbanan untuk Timnas Indonesia," tutur arsitek asal Korea Selatan itu.

3 dari 5 halaman

Sudah Pulih

Shin Tae-yong menyebut bahwa Fachruddin telah pulih sejak beberapa pekan lalu dan kondisinya sudah memungkinkan untuk memenuhi panggilan dari Timnas Indonesia.

"Saya mendengar setelah Piala AFF 2022, Fachruddin mengalami cedera. Beberapa pekan lalu, dia sudah sembuh dan ikut latihan normal dengan klubnya," ucap Fachruddin.

"Jadi saya mau melihat langsung kondisi Fachruddin seperti apa. Jadi, saya memanggilnya karena dia pemain yang mau berkorban," terang Shin Tae-yong.

4 dari 5 halaman

Pemain Berpengalaman di Timnas Indonesia

Bersama Madura United di musim ini, Fachruddin baru bermain sebelas kali. Palang pintu kelahiran 19 Februari 1989 itu belum beraksi lagi di BRI Liga 1 sejak Oktober tahun lalu.

Dalam skuad Timnas Indonesia saat ini, Fachruddin menjadi pemain paling berpengalaman secara usia dan caps. Pesepak bola kelahiran Klaten, Jawa Tengah, itu telah mencatatkan 53 penampilan buat Skuad Garuda.

5 dari 5 halaman

28 Pemain Timnas Indonesia Vs Burundi

Kiper: Nadeo Argawinata (Bali United), Daffa Fasya (Borneo FC Samarinda), Syahrul Trisna (Persikabo 1973)

Bek: Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Elkan Baggott (Cheltenham Town), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim), Fachruddin Aryanto (Madura United), Rizky Ridho (Persebaya Surabaya), Muhammad Ferarri (Persija Jakarta), Hansamu Yama (Persija Jakarta), Dony Tri Pamungkas (Persija Jakarta), Edo Febriansyah (RANS Nusantara FC), Yance Sayuri (PSM Makassar), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Shayne Pattynama (Viking FK)

Gelandang: Witan Sulaeman (Persija Jakarta), Stefano Lilipaly (Borneo FC Samarinda), Rachmat Irianto (Persib Bandung), Ricky Kambuaya (Persib Bandung), Marc Klok (Persib Bandung), Syahrian Abimanyu (Persija Jakarta), Riko Simanjuntak (Persija Jakarta), Dzaky Asraf (PSM Makassar), Yakob Sayuri (PSM Makassar), Saddil Ramdani (Sabah FC)

Penyerang: Dendy Sulistyawan (Bhayangkara FC), Ramadhan Sananta (PSM Makassar), Dimas Drajad (Persikabo 1973)

Video Populer

Foto Populer