Sukses


Fakta Unik BRI Liga 1: Top Scorer Borneo FC Belum Pernah Jebol Gawang Arema FC

Bola.com, Malang - Pertahanan Arema FC mendapatkan ujian berat dalam lanjutan BRI Liga 1 2022/2023. Singo Edan menjamu Borneo FC dalam laga tunda BRI Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Jumat (24/3/2023). Borneo FC memiliki Matheus Pato, striker harus gol yang siap mengancam pertahanan Arema FC.

Matheus Pato sejauh ini sudah mengoleksi 20 gol dan menjadi pemain tersubur di BRI Liga 1 musim ini bersama striker Persib Bandung, David da Silva. Arema FC pun harus punya strategi untuk menghentikan langkah Matheus Pato.

Pelatih Arema FC, Joko Susilo, mengatakan akan menerapkan gaya sepak bola modern. Artinya, pelatih yang karib disapa Getuk itu menginstruksikan pemainnya untuk disiplin mengawal area masing-masing.

Pemain Arema FC harus fokus mengawal siapa pun pemain lawan yang ada di daerahnya, bukan hanya fokus kepada satu pemain saja seperti Matheus Pato.

"Kami menerapkan sepak bola modern. Pemain mengawal zona, bukan perorangan," ujar pelatih Arema FC itu.

2 dari 5 halaman

3 Kali Bertemu, 0 Gol

Sergio Silva dkk. tidak ditugaskan siapa pun yang masuk daerah pertahanan Arema FC. Tentunya mereka akan memutus aliran bola kepada Matheus Pato. Itu menjadi cara agar striker berusia 28 tahun jebolan Fluminense U-20 itu tidak punya peluang mencetak gol.

Satu yang menarik, meski Matheus Pato menjelma menjadi striker tajam di BRI Liga 1, ternyata dia belum pernah menjebol gawang Arema FC. Padahal dia sudah tiga kali bertemu Singo Edan.

Matheus Pato sudah bertemu dengan Arema FC dalam dua laga final Piala Presiden 2022 dan satu kali di putaran pertama BRI Liga 1 musim ini. Pemain bertahan Arema FC tampaknya cukup paham bagaimana mematikan pergerakan Pato.

3 dari 5 halaman

Jangan Terlalu Fokus Mengawal Pato

Pada pertemuan di putaran pertama BRI Liga 1 musim ini, Borneo FC menang telak 3-0 atas Arema FC. Namun, tak ada nama Pato dalam daftar pencetak gol.

Saat itu justru para pemain lokal yang berhasil merobek jala gawang Arema FC yang dikawal Adilson Maringa, yaitu Ahmad Nur Hardianto dan M. Sihran.

Sepertinya pemain bertahan Arema FC kesulitan mengawal pemain yang punya kecepatan. Sementara Pato striker yang mengandalkan postur dan penempatan posisi yang bagus.

Namun, bisa jadi pada putaran pertama lalu para pemain bertahan Arema FC memang lebih fokus mengawal Pato. Jadi pemain lain yang justru punya ruang untuk mencetak gol.

 

4 dari 5 halaman

Jadwal Arema FC Vs Borneo FC

Arema FC vs Borneo FC

  • Stadion PTIK, Jakarta
  • Jumat, 24 Maret 2023
  • Kick-off: 20.30 WIB
  • Live streaming: Vidio
5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer