Sukses


Persib Vs Bhayangkara FC di BRI Liga 1: Gara-Gara Jadi Musafir dan Kick-off 20.30 WIB, Stadion Pakansari Minim Bobotoh

Bola.com, Bogor - Pemandangan tidak biasanya terjadi ketika Persib Bandung bertindak sebagai tuan rumah di BRI Liga 1 2022/2023. Tim berjulukan Pangeran Biru itu minim dukungan bobotoh.

Sejak putaran kedua BRI Liga 1, Persib Bandung terpaksa menjadi tim musafir. Pangeran Biru tidak dapat memakai dua stadion di Kota dan Kabupaten Bandung akibat dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023.

Kedua stadion itu ialah Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung dan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Begitu pula ketika Persib Bandung menjamu Bhayangkara FC dalam partai tunda pekan ke-18 BRI Liga 1. Pangeran Biru mesti bertanding di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor pada Jumat (24/3/2023) malam WIB.

2 dari 5 halaman

Faktor Kick-off 20.30 WIB

Faktor kick-off pukul 20.30 WIB yang ditetapkan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selama ramadan memengaruhi berkurangnya animo dari bobotoh untuk mendukung Persib Bandung.

Selain itu, pertandingan juga digelar bukan pada akhir pekan atau sabtu dan minggu. Jarak antara Bandung, daerah basis bobotoh, ke Bogor juga cukup jauh.

Pantauan Bola.com, bobotoh hanya berada di tribune timur dan barat Stadion Pakansari karena tribune utara dan selatan dikosongkan, namun jumlahnya juga tidak banyak.

3 dari 5 halaman

Jumlah Penonton Menurun

Jumlah penonton kala Persib bermarkas di Stadion Pakansari memang mengalami penurunan. Mulai dari 3.983 bobotoh ketika menjamu Persik Kediri pada 8 Maret 2023 hingga 1.963 fans Pangeran Biru saat meladeni perlawanan Dewa United pada 20 Maret 2023. Data itu berdasarkan catatan Transfermarkt.

Meski begitu, sayup-sayup dan nyanyian dari bobotoh di tribune timur Stadion Pakansari tetap nyaring terdengar. Militan Pangeran Biru itu terus memompa semangat Achmad Jufriyanto dkk.

4 dari 5 halaman

Persib Unggul 1-0

Hasilnya, Persib mampu membuka keunggulan lewat Daisuke Sato pada menit ke-37. Hingga jeda turun minum, Pangeran Biru masih di atas angin berkat selisih satu gol atas Bhayangkara FC.

Saat ini, Persib masih berada di peringkat kedua klasemen sementara BRI Liga 1 dengan 57 poin dari 29 partai. Pangeran Biru terpaut 13 angka dari pemuncak, PSM Makassar.

5 dari 5 halaman

Posisi Persib di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer