Sukses


Bek Persebaya Dapat Kartu Merah kontra Persikabo di BRI Liga 1, Aji Santoso: Semangatnya Berlebihan

Bola.com, Gresik - Keberhasilan Persebaya Surabaya menang atas Persikabo 1973 menghasilkan catatan negatif. Bajul Ijo sebenarnya sukses menang 3-2 dalam laga tunda pekan ke-18 BRI Liga 1 2022/2023 itu di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Sabtu (25/3/2023).

Catatan negatif yang dimaksud adalah salah satu penggawa tim Kota Pahlawan mendapat kartu merah. Dia adalah bek Riswan Lauhin.

Bek kelahiran Ternate tersebut terlibat keributan dengan Pedro Henrique setelah laga berakhir, dan wasit memberikan kartu merah langsung.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso merespons dengan pernyataan datar atas insiden kartu merah yang diterima anak asuhnya itu. Menurutnya, insiden tersebut bisa terjadi karena minimnya pengalaman eks Persiter Ternate itu di kasta teratas.

“Pertandingan sudah selesai, Riswan ada sedikit insiden yang akhirnya membuat dia mendapatkan kartu merah. Riswan ini sebenarnya pemain masih baru, artinya memang dia belum punya banyak pengalaman di kompetisi,” ujarnya.

2 dari 4 halaman

Absen Melawan Persija

Pelatih berusia 52 tahun itu berpendapat momen itu muncul karena semangat berlebihan Riswan Lauhim dalam membela Persebaya. Namun, kejadian tersebut harus tetap menjadi pelajaran berharga bagi sang pemain.

“Semangatnya mungkin masih berlebihan. Saya yakin meskipun ini tidak benar, dia punya semangat juang untuk membela klubnya. Anak ini luar biasa. Tetapi ini tentu menjadi pelajaran Riswan supaya untuk pertandingan ke depannya lebih baik lagi,” imbuhnya.

Meski mendapat kartu merah Riswan tak akan absen dalam laga terdekat melawan PSIS Semarang (29/3/2023). Sebab, duel melawan Persikabo ini merupakan laga tunda. Pertandingan kontra PSIS juga terhitung laga tunda pekan ke-23.

Riswan kemungkinan akan absen saat Persebaya menjamu Persija Jakarta memasuki pekan ke-31 pada 5 April 2023.

3 dari 4 halaman

Buka Puasa

Hasil pertandingan melawan Persikabo ini kebetulan membuat Persebaya berbuka puasa saat memasuki bulan Ramadan. Sebelum laga ini, Persebaya telah melewati enam pertandingan tanpa kemenangan.

Persebaya sempat melewati enam pertandingan dengan kemenangan beruntun. Mereka sempat menang atas Dewa United, Persita Tangerang, Bhayangkara FC, Madura United, Borneo FC, dan PSS Sleman.

Di tengah-tengah itu, Bajul Ijo seharusnya menjamu Persikabo dalam laga pekan ke-18 sebelum melawan Persita. Tapi, laga saat itu tak bisa digelar karena Persebaya kesulitan mendapat izin menggelar pertandingan.

Setelah melawan PSS, mereka membukukan enam laga terakhir tanpa kemenangan. Masing-masing melawan Bali United, PSM Makassar, RANS Nusantara, Barito Putera, Persib Bandung, dan Persik Kediri.

 

4 dari 4 halaman

Jalur Kemenangan

Kini, saat memainkan laga tunda, Persebaya akhirnya berhasil kembali ke jalur kemenangan. Raihan tiga poin ini juga terkesan dramatis.

Persebaya sempat unggul 1-0 lewat gol Paulo Victor. Tapi, mereka kemudian tertinggal 1-2 karena dua gol Persikabo. Beruntung, tuan rumah berhasil mencetak dua gol lagi sehingga mampu mengamankan tiga poin.

Hasil ini membuat Persebaya naik peringkat ke posisi kedelapan klasemen sementara. Mereka telah mengoleksi 42 poin dalam 29 laga, hasil dari 12 menang, enam seri, dan 11 kekalahan.

Video Populer

Foto Populer