Sukses


BRI Liga 1: PSS Ubah Program Latihan, Hanya Maintenance Kondisi Fisik Selama Ramadan

Bola.com, Sleman - Skuad PSS Sleman kembali menjalani latihan setelah diberi libur selama sepekan awal Ramadan. PSS menggelar latihan di Lapangan Pakembinangun, Pakem, Sleman, Senin (27/3/2023) sore WIB.

Selama Ramadan, klub berjulukan Super Elang Jawa itu menerapkan program latihan yang berbeda. Satu di antaranya yakni mengubah waktu latihan tim.

 

Tim pelatih PSS Sleman memilih untuk mengurangi porsi latihan. Sebelumnya, Bagus Nirwanto dkk. harus melahap menu latihan pagi dan sore hari. Khusus Ramadan, mereka melakoni sesi latihan pada sore hari dengan intensitas rendah dan sedang.

"Jam latihan sore di Bulan Ramadan dimundurkan menjadi pukul 16.30 WIB, jelang beruka puasa. Kalau sebelumnya, kami latihan pagi dan sore hari," ujar pelatih fisik PSS Sleman, Asep Ardiansyah, kepada Bola.com, Senin (27/3/2023) malam.

 

 
2 dari 5 halaman

Fokus Maintenance

Pelatih berusia 34 tahun itu menjelaskan latihan ringan diberlakukan agar para pemain tidak terlalu lama mengalami dehidrasi. Apalagi, mayoritas pemain PSS Sleman menjalankan ibadah puasa.

"Kalau untuk program fisik, sementara kami fokus ke maintenance saja selama latihan sore pada Bulan Ramadan," katanya.

"Namun, jika ada latihan malam mungkin nanti akan ada sedikit peningkatan, dan intensitasnya juga akan normal seperti latihan sebelum puasa," lanjut Asep Ardiansyah.

3 dari 5 halaman

Tetap Sama

Meski sebagian besar penggawa PSS Sleman menjalankan puasa, tim pelatih tidak memberikan porsi latihan berbeda selama Ramadan. Mereka tetap memberi porsi latihan yang sama bagi pemain yang berpuasa maupun tidak.

"Tetap sama yang puasa dan tidak. Namun, untuk tujuan programnya, khususnya aspek fisik, kami hanya maintenance saja, dan paling sedikit peningkatan pasca-libur kemarin," beber Asep Ardiansyah.

"Cuma durasi dan volume yang kami kurangi selama latihan sore di Ramadan," sambung pelatih kelahiran Depok, Jawa Barat itu.

4 dari 5 halaman

Menatap 3 Laga Sisa

Latihan rutin ini sebagai persiapan Laskar Sembada menghadapi tiga pertandingan sisa BRI Liga 1 2022/2023. Adapun tiga laga yang dimiliki PSS Sleman dipastikan akan dilakukan selama Ramadan.

Terdekat mereka akan bersua PSIS Semarang di pekan ke-32 di Stadion Jatidiri, Semarang pada Minggu, 2 April mendatang.

Kemudian, PSS Sleman bakal melakoni laga cukup berat melawan tim penghuni papan atas, yakni Bali United (7/3/2023) dan Persija Jakarta.

Saat ini, klub kesayangan Slemania dan Brigata Curva Sud (BCS) itu masih menghuni papan bawah klasemen sementara. Tim Elang Jawa berada di peringkat 17 dengan koleksi 31 poin dari 31 pertandingan. Perinciannya, sembilan kemenangan, empat hasil imbang, dan 18 kekalahan.

Jika tak ingin terperosok makin dalam, tim besutan Seto Nurdiyantoro ini harus berjuang keras untuk meraih kemenangan. Meski, jika melihat calon lawan yang akan dihadapi jelas tak mudah bagi PSS Sleman.

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 saat Ini

Video Populer

Foto Populer