Sukses


3 Pemain Asing PSM yang Layak Menjadi Legenda di Era Kompetisi Liga 1: Wiljan Pluim Fix Ini Sih!

Bola.com, Jakarta - Selama kompetisi sepak bola Indonesia memasuki era Liga 1, PSM Makassar memang memiliki sejumlah pemain asing yang memberikan kontribusi besar untuk tim.

Kontribusi para pemain asing ini pula yang sukses membawa PSM Makassar meraih sejumlah prestasi di era Liga 1. Beberapa di antaranya yakni trofi Piala Indonesia 2018 hingga persaingan menuju tangga juara BRI Liga 1 2022/2023.

Dari sekian nama pemain asing yang pernah memperkuat PSM di era Liga 1, memang hanya ada segelintir saja yang layak menyandang gelar sebagai penggawa impor legendaris milik Juku Eja.

Setidaknya ada berbagai parameter yang digunakan, termasuk catatan kontribusi hingga loyalitas yang diberikan kepada Pasukan Ramang. Berikut Bola.com menyajikan nama-nama pemain asing yang layak jadi legenda PSM Makassar tersebut.

2 dari 5 halaman

Wiljan Pluim

Sudah tak perlu diragukan dan dibantah lagi, Wiljan Pluim adalah salah satu pemain asing yang patut menjadi legenda PSM Makassar. Sebab, loyalitasnya berhasil mempersembahkan prestasi.

Pemain bernama lengkap Willem Jan Pluim ini adalah contoh pemain asing yang langka di Indonesia. Sebab, sejak awal meniti kariernya di Indonesia sampai saat ini, dia tetap setia bertahan bersama PSM.

Sejauh ini, Wiljan Pluim sudah berhasil membukukan total 137 penampilan bersama PSM di kompetisi Liga 1. Kontribusinya pun cukup tinggi, karena mencapai 37 gol dan 40 assist.

Itulah sebabnya, pemain yang juga menyandang status sebagai kapten PSM ini layak menjadi salah satu pemain legendaris skuad Juku Eja karena kontribusi dan pengabdiannya selama era kompetisi Liga 1.

Tak hanya itu saja, gelandang serang berusia 34 tahun ini juga sukses mempersembahkan dua prestasi terbaik untuk PSM, yakni gelar juara Piala Indonesia 2018 dan Liga 1 2022/2023. 

3 dari 5 halaman

Eero Markkanen

Selain Wiljan Pluim, pemain asing yang juga memiliki jasa besar membawa PSM Makassar meraih gelar juara Piala Indonesia 2018 ialah Eero Markkanen.

Mantan striker Timnas Finlandia ini menjadi salah satu pencetak gol terbanyak Juku Eja di turnamen Piala Indonesia 2018. Kala itu, Eero Markkanen sukses mencetak lima gol untuk PSM Makassar.

Tak hanya itu saja, striker berpostur 197 cm ini juga berhasil membawa skuad Juku Eja bersaing di ajang Piala AFC 2019. Kontribusinya di ajang ini cukup tinggi.

Sebab, Eero Markkanen sukses mengemas lima gol dan satu assist dari enam penampilannya bersama PSM di Piala AFC 2019. Langkah ini turut mengantarkan Juku Eja lolos ke fase semifinal zonal ASEAN.

Sayangnya, pada fase ini, PSM harus mengakui keunggulan wakil asal Vietnam, Becamex Binh Duong. Mereka harus kalah agresivitas gol tandang meskipun agregatnya ketika itu 2-2.

4 dari 5 halaman

Yuran Fernandes

Selanjutnya, pemain asing ketiga milik PSM Makassar yang patut menyandang status sebagai legenda skuad Juku Eja berkat performanya di BRI Liga 1 2022/2023 ialah Yuran Fernandes.

Kehadiran Yuran Fernandes di sektor pertahanan memang terhitung krusial di balik keberhasilan skuad asuhan Bernardo Tavares bersaing di tangga gelar juara BRI Liga 1 2022/2023.

Sejauh ini, Juku Eja masih berstatus sebagai kontestan yang paling minim kebobolan. Sebab, dari 31 pertandingan, PSM hanya kemasukan 23 gol. Ini menjadi jumlah terendah dibandingkan semua kontestan lainnya musim ini.

Tak hanya itu saja, Yuran juga punya peran penting untuk menjebol gawang lawan. Sebab, bek berusia 28 tahun ini sudah mencatatkan lima gol untuk Pasukan Ramang di BRI Liga 1 musim ini.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer