Sukses


Hasil BRI Liga 1: Kalahkan Madura United, PSM Makassar Juara!

Bola.com, Pamekasan - PSM Makassar dipastikan menjadi juara BRI Liga 1 2022/2023. Juku Eja mengalahkan Madura United dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Madura, Jawa Timur, Jumat (31/3/2023) malam WIB.

Gelar ini sangat spesial bagi PSM Makassar. Tim yang berasal dari Sulawesi Selatan itu sudah absen menjadi juara liga kasta tertinggi Tanah Air dalam 23 tahun. 

PSM Makassar tampak sadar betul kondisi mereka yang berada di ambang juara. Satu kemenangan di kandang Madura United pada laga ini memang akan memastikan Juku Eja meraih gelar di BRI Liga 1 2022/2023.

Laga baru berjalan empat menit, PSM Makassar sudah berhasil mencetak gol. Juku Eja membuka skor lewat gol dari Wiljan Pluim. Pemain asal Belanda mencetak gol setelah memanfaatkan umpan dari Yance Sayuri.

Enam menit berselang, PSM Makassar mampu menggandakan keunggulan. Wiljan Pluim lagi-lagi menjadi mimpi buruk bagi gawang Madura United.

2 dari 7 halaman

Madura Tersengat

Madura United tampak tersengat dengan dua gol cepat dari PSM Makassar. Tim berjulukan Laskar Sape Kerrab itu mencoba membombardir gawang PSM dengan serangan-serangan sporadis.

Seperti yang dilakukan oleh Beto Goncalves pada menit ke-15. Namun kiper PSM Makassar, Reza Arya Nugraha masih memiliki fokus tinggi. Ia mampu menepis tembakan keras Beto.

Madura United terus menekan pertahanan PSM Makassar dengan mengandalkan kreativitas Hugo Gomes. Namun, lini pertahanan PSM yang dipimpin Yuran Fernandes masih tampil apik.

3 dari 7 halaman

Tempo Menurun

Memasuki 15 menit akhir babak pertama, tempo permainan sedikit menurun. Madura United terlihat tak lagi terburu-buru menekan pertahanan PSM Makassar.

Pada menit ke-31, Lulinha tiba-tiba berada di dalam kotak penalti PSM. Sayangnya, sontekan eks pemain Corinthians itu masih bisa diamankan Reza Arya Pratama.

Kedua tim mencoba untuk saling menyerang di sisa babak pertama. Namun, hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama usai, tak ada lagi gol yang tercipta.

4 dari 7 halaman

Mengawali Babak Kedua dengan Baik

PSM Makassar mampu mengawali babak kedua dengan sangat baik. Babak kedua baru berjalan tiga menit, Kenzo Nambu mampu mencetak gol dengan indah.

Pemain asal Jepang itu mencuri bola dari penguasaan Zulfiandi di lini tengah. Tanpa berpikir panjang, Kenzo melepaskan tembakan langsung ke gawang Madura United. Rendy Oscario yang jauh dari posisinya tak bisa berbuat banyak.

Madura United masih belum menyerah. Laskar Sape Kerrab mencetak gol balasan pada menit ke-51. Tandukan Hugo Gomes membuka sedikit harapan bagi tuan rumah.

5 dari 7 halaman

Tiang dan Mistar Gawang

Keberuntungan masih menaungi gawang PSM Makassar. Pada menit ke-64, dua peluang emas Madura United gagal menembus gawang Juku Eja.

Tandukan Cleberson Martins membentur tiang sisi kiri gawang PSM Makassar. Tandukan Kwabena Appiah yang mencoba memanfaatkan bola muntah juga hanya membentur mistar gawang PSM.

Madura United semakin bernafsu mengejar ketertinggalan. Pemain yang lebih berkarakter menyerang, Haris Tuharea dimasukkan pada menit ke-78 untuk menggantikan posisi Lee Yujun.

Tak ada lagi gol yang tercipta di sisa babak kedua. PSM Makassar berhasil mengamankan skor 3-1 dan gelar juara di BRI Liga 1 2022/2023.

6 dari 7 halaman

Daftar Susunan Pemain

  • Madura United (4-3-3): Rendy Oscario (Kiper), Dodi Alekvan Djin, Hasim Kipuw, Cleberson, Novan Sasongko (Belakang), Lee Yujun, Zulfiandi, Jaja (Tengah), Esteban Vizcarra, Beto Goncalves, Lulinha (Depan).
  • Pelatih: Ramhat Basuki
  • PSM Makassar (3-5-2): Reza Arya Pratama (Kiper), Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar (Belakang), Yakob Sayuri, Ananda Raehan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yance Sayuri (Tengah), Wiljan Pluim, Everton Nascimento (Depan).
  • Pelatih: Bernardo Tavares
7 dari 7 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer