Sukses


Hasil BRI Liga 1: Riko Simanjuntak dan Michael Krmencik Bawa Persija Revans Terhadap Persib

Bola.com, Bekasi - Persija Jakarta melakukan revans terhadap Persib Bandung dalam laga tunda pekan ke-28 BRI Liga 1. Bermain di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (31/3/2023), Persija menang dua gol tanpa balas.

Riko Simanjuntak dan Michael Krmencik mencatatkan namanya di papan skor. Persija membalas kekalahan 0-1 dari Persib yang terjadi di putaran pertama musim ini.

Hanya saja, kemenangan ini tak mengubah posisi kedua tim. Persija Jakarta masih di urutan ketiga dengan 57 poin. Sementara Persib Bandung di posisi kedua dengan 59 poin. Namun Macan Kemayoran, julukan Persija memangkas jarak poin dengan rivalnya itu.

Kans juara bagi kedua tim sudah tertutup. Lantaran di waktu yang sama, PSM meraih kemenangan dari Madura United. Sehingga PSM yang unggul 13 poin dari Persib Bandung tak bisa terkejar. Meskipun Persib memiliki 3 pertandingan sisa musim ini.

2 dari 7 halaman

Pressing Ketat di Awal Laga

Kembali ke laga Persija Jakarta melawan Persib Bandung, kedua tim memperagakan pressing ketat sejak menit awal. Namun pada menit kedelapan, Persija punya peluang emas.

Bermula dari tendangan sudut Witan Sulaeman, bola berhasil disontek M. Ferrari. Namun, bola masih membentur tiang gawang.

Memasuki pertengahan babak pertama, Persib berusaha menurunkan tempo. Tapi mereka tak kunjung bisa membongkar pertahanan Persija. Duet striker Persib, David da Silva dan Ciro Alves selalu dapat pengawalan ketat ketika menguasai bola.

Pada menit ke-23, Persija kembali punya peluang. Crossing Syahrian Abimanyu, berhasil ditanduk Aji Kusuma. Namun, bola mengarah tepat kepada Reky Rahayu.

Kecepatan jadi andalan utama Persija untuk membongkar pertahanan Persib. Maklum, Maung Bandung menurunkan stoper yang tak terlalu tangguh saat adu lari. Seperti Nick Kuipers, Victor Igbonefo dan Rachmat Irianto.

3 dari 7 halaman

Persib Tanpa Peluang di Babak Pertama, Riko Simanjuntak Pecah Kebuntuan

Peluang emas kembali dibuat Persija pada menit 35. Crossing Riko Simanjuntak mengarah kepada Aji Kusuma yang berdiri bebas didepan gawang. Tapi tandukan Aji masih lemah dan bisa diantisipasi Reky.

Bisa dibilang Persib Bandung tanpa peluang di babak pertama. Justru tiga pemain mereka diganjar kartu kuning oleh wasit, Iwan Sukoco, yakni Dedi Kusnandar, Daisuke Sato dan Nick Kuipers.

Pada menit 45+3, Persija memecah kebuntuan. Berawal dari blunder winger Persib, Frets Butuan, tanpa koordinasi memberi umpan ke depan kotak penalti Persib.

Bola diserobot Riko Simanjuntak sekaligus menaklukkan Recky. Gol Riko Simanjuntak menutup babak pertama dengan keunggulan Persija 1-0.

 

4 dari 7 halaman

Intensitas Persib Meningkat, Persija Cetak Gol Lagi

Babak kedua, Persib Bandung meningkatkan intensitas serangan. Pada menit 51, David da Silva hampir menyamakan kedudukan, tetapi tendangannya bisa blok pemain belakang Persija.

Pertandingan makin seru karena Persija juga enggan bertahan. Sehingga dua tim bergantian melakukan tekanan.

Menit 57, serangan balik Persib membuat Ciro Alves berhasil melewati kiper Persija. Namun, Ciro berada di posisi yang tidak ideal untuk melakukan tendangan ke gawang. Sehingga dia melakukan crossing, tetapi tak ada rekannya yang menyambut umpan itu.

Satu menit setelah peluang itu, Persib mengganti tiga pemainnya. Igbonefo, Klok dan Frets. Gantinya, tiga pemain lokal yang punya skill bagus, Beckham Putra, Kakang Rudianto, dan Ricky Kambuaya masuk lapangan.

Persija memberikan respon dengan memasukkan striker asingnya, Michael Krmencik, dan gelandang jangkar Hanif Sjahbandi pada menit 69.

Hasilnya, Krmencik menggandakan keunggulan Persija di menit 71. Striker asal Republik Ceko itu berhasil menanduk crossing Riko. Persija merasa di atas angin dengan skor 2-0.

Persib tak menyerah. Mereka masih berupaya menjebol gawang Persija. David da Silva dan Ciro Alves mulai berupaya melepaskan tembakan dari jarak jauh. Namun, tidak ada yang membuahkan gol. Hingga peluit panjang berbunyi, Persija berhasil mempertahankan kemenangan 2-0.

 

 
5 dari 7 halaman

Hujan Kartu

Duel Persija melawan Persib selalu berjalan keras. Dalam laga ini, ada 12 kartu kuning yang dicabut wasit Iwan Sukoco dari kantongnya. 6 kartu untuk pemain Persija, yakni M. Ferrari, Syahrian Abimanyu, Riko Simanjuntak, Michael Krmencik, Alfrianto Nico dan Hanif Sjahbandi.

Sedangkan 6 kartu untuk Persib dijatuhkan kepada Dedi Kusnandar, Daisuke Sato, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ricky Kambuaya dan Ezra Walian.

Namun, tidak semua kartu kuning karena duel keras. Ada yang melakukan protes keras kepada wasit hingga sengaja mengubah arah bola dengan tangannya. Namun, beberapa ketegangan sempat tak terhindarkan.

 

6 dari 7 halaman

Susunan Pemain

  • Persija Jakarta (3-4-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); M. Ferrari, Ondrej Kudela, Hansamu Yama (belakang); Rio Fahmi, Syahrian Abimanyu, Resky Fandi, Firza Andika (tengah); Riko Simanjuntak, Aji Kusuma, Witan Sulaeman (depan).
  • Pelatih: Thomas Doll.
  • Persib Bandung (3-5-2): Reky Rahayu (kiper); Nick Kuiper, Victor Igbonefo, Rachmat Irianto (belakang); Frets Butuan, Dedik Kusnandar, Marc Klok, Robi Darwis, Daisuke Sato (tengah); Ciro Alves, David da Silva (depan).
  • Pelatih: Luis Milla. 

 

7 dari 7 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 saat Ini

Video Populer

Foto Populer