Sukses


Duo Bintang Persija yang Bisa Sabet Gelar Pemain Terbaik BRI Liga 1 Musim Ini: Andalan di Lini Serang dan Pertahanan

Bola.com, Jakarta - Gelar pemain terbaik dalam sebuah kompetisi atau turnamen sepak bola, tak melulu datang dari klub juara. Rumitnya penilaian kadang menghasilkan pemenang yang tak terduga, termasuk di Liga 1.

Ya, fenomena itulah yang menghampiri kompetisi Liga 1 belakangan ini. Dua pemenang bola emas terakhir justru datang dari tim-tim yang pada akhir musim bahkan berada di luar tiga besar.

Renan da Silva berhasil jadi yang terbaik pada musim 2019. Padahal klubnya kala itu, Borneo FC Samarinda hanya duduk di posisi tujuh klasemen akhir.

Hal serupa kembali terulang musim lalu. Taisei Marukawa yang cuma sanggup membawa Persebaya Surabaya ke peringkat kelima, justru dinobatkan sebagai yang terbaik.

Dengan PSM Makassar yang telah menasbihkan diri sebagai jawara BRI Liga 1 2022/23, tentu menarik melihat opsi pemain terbaik dari klub lain.

Berikut dua pemain terbaik Persija Jakarta yang cukup layak meraih status pemain Liga 1 musim ini.

 

2 dari 4 halaman

Riko Simanjuntak

Riko Simanjuntak awalnya kepayahan beradaptasi dalam skema tiga bek yang diusung oleh Thomas Doll. Bermain sebagai wingback dalam skema 3-5-2 bukan hal yang ideal untuknya.

Namun, absensi beberapa pilar macam Hanno Behrens dan Abdulla Yusuf Helal memaksa pelatih asal Jerman itu melakukan beberapa penyesuaian. Satu di antaranya mengubah formasi menjadi 3-4-3.

Sejak menerapkan strategi tersebut, Riko Simanjuntak seolah menemukan kembali sentuhannya yang hilang. Tidak lagi dibebani tuntutan untuk membantu pertahanan, ia kini bisa fokus mengobrak-abrik pertahanan lawan.

Musim ini bisa dikatakan menjadi musim teraik bagi pemain kelahiran Pematangsiantar itu. Riko mencetak lima gol dan tujuh assist dalam 28 penampilan sejauh ini.

 

3 dari 4 halaman

Andritany Ardhiyasa

Bukan tanpa alasan, pertahanan Persija begitu kokoh musim ini. Hingga pekan ke-33 BRI Liga 1 musim ini, Macan Kemayoran baru kebobolan 27 gol, alias yang paling minim.

Perubahan skema menjadi tiga bek plus kehadiran bek sekaliber Ondrej Kudela memang tak bisa terbantahkan. Namun, jangan lupa, mereka masih memiliki sosok Andritany Ardhiyasa di bawah mistar gawang.

Catatan 13 clean sheet merupakan yang terbanyak musim ini, setara dengan kiper PSM, Reza Arya Pratama. Namun, perlu dicatat, Andritany juga jadi kiper tersibuk dengan catatan 91 penyelamatan.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 saat Ini

Video Populer

Foto Populer