Sukses


5 Kandidat Pemain Asing Terbaik BRI Liga 1 Musim Ini Versi Bola.com: Kontribusi Besar Lewat Gol dan Assist

Bola.com, Jakarta - Dominasi pemain asing memang tak bisa diabaikan sepanjang bergulirnya kompetisi BRI Liga 1 2022/2023. Baik itu catatan gol maupun assist, para pemain impor ini harus diakui memang tampilĀ gacor.

Jika menilik daftar pencetak gol terbanyak BRI Liga 1 musim ini, nama-nama pemain asing memang cukup dominan. Hanya ada segelintir pemain naturalisasi dan lokal yang mampu bersaing di tengah ketatnya pengaruh pemain impor.

Hal yang sama juga berlaku pada kolektor assist di BRI Liga 1 2022/2023. Para pemain asing masih menjadi raja dalam daftar teratas penyumbang assist terbanyak di musim ini.

Kontribusi luar biasa para pemain impor ini memang akhirnya berdampak positif bagi klubnya masing-masing. Mereka menjadi tulang punggung yang membantu klubnya bersaing sepanjang musim.

Bahkan, kontestan yang musim ini bisa beredar di papan atas BRI Liga 1 juga merasakan peran krusial dari para pemain ini. Itulah sebabnya, nama-nama ini layak menjadi kandidat pemain asing terbaik musim ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 7 halaman

Matheus Pato (Borneo FC)

Performa yang dicatatkan Matheus Pato pada musim debutnya di ajang BRI Liga 1 2022/2023 memang sangat istimewa. Sebab, penyerang asing milik Borneo FC ini menjelma sosok mesin gol baru.

Untuk sementara ini, Matheus Pato masih merajai daftar pencetak gol terbanyak BRI Liga 1. Dari 31 penampilannya bersama Pesut Etam, dia sudah menjaringkan 25 gol ke gawang lawan. Selain itu, ia juga sudah menyumbang tiga assist.

Berkat kontribusi yang luar biasa itu, pemain asal Brasil ini turut berjasa besar mengantarkan skuad Pesut Etam bersaing di papan atas klasemen musim ini.

Hingga pekan ke-33, tim asal Samarinda itu sukses menduduki peringkat keempat klasemen sementara. Tak hanya itu, Borneo FC juga menjadi tim paling produktif kedua musim ini dengan total 64 gol.

3 dari 7 halaman

David da Silva (Persib Bandung)

Ā 

Status David da Silva sebagai striker terganas di BRI Liga 1 selama beberapa musim terakhir memang belum luntur. Untuk edisi 2022/2023, catatannya mengalami lonjakan yang signifikan.

Pasalnya, pada musim keduanya bersama Persib Bandung, David berhasil menggelontorkan total 23 gol. Dia sempat bersaing dalam perebutan gelarĀ top scorer, tetapi akhirnya dilewati oleh kompatriotnya asal Brasil, Matheus Pato.

Untuk sementara ini, jumlah itu mengantarkan striker berusia 33 tahun ini ke urutan kedua dalam daftar pencetak gol terbanyak BRI Liga 1 2022/2023.

Tak hanya itu saja, eks pemain Persebaya Surabaya ini juga menghasilkan lima assist. Nominal ini membawanya sebagai pencetak assist terbanyak Maung Bandung bersama Ciro Alves dan Henhen Herdiana dengan jumlah yang sama.

4 dari 7 halaman

Privat Mbarga (Bali United)

Memasuki musim keduanya bersama Bali United di ajang BRI Liga 1, kontribusi yang diberikan Privat Mbarga mengalami peningkatan drastis. Musim lalu, dia baru bergabung pada putaran kedua.

Pemain sayap asal Kamerun ini memang menjadi salah satu andalan pelatih Bali United, Stefano Cugurra. Sebab, sepanjang musim ini, dia selalu tampil dalam 34 pertandingan. Hebatnya, semua catatan ini dibukukan sebagai starter.

Kontribusinya untuk Serdadu Tridatu juga patut mendapatkan apresiasi. Sebab, dari 34 penampilannya itu, Privat sukses mencatatkan 16 gol dan tujuh assist untuk Bali United.

Jumlah gol ini memang terpaut satu angka dari koleksi Ilija Spasojevic, sedangkan nominalĀ assistĀ terpaut tiga poin dari milik Eber Bessa.

5 dari 7 halaman

Wiljan Pluim (PSM Makassar)

Jika harus memilih pemain yang memiliki jasa besar mengantarkan PSM Makassar merengkuh gelar juara BRI Liga 1 2022/2023, satu nama terdepan yang patut mendapatkan kredit khusus adalah Wiljan Pluim.

Loyalitasnya bersama skuad Juku Eja akhirnya terbayar luas pada musim ini dengan meraih gelar juara. Gelandang serang klasik asal Belanda ini juga memiliki kontribusi yang terhitung istimewa.

Sebab, pemain berusia 34 tahun itu nyaris mencatatkan double-digit gol dan assist. Tampil sebanyak 26 kali di BRI Liga 1 2022/2023, Pluim berhasil mencatatkan 10 gol dan sembilan assist.

KontribusiĀ ini memang bukan termasuk performa terbaiknya sejak memperkuat PSM. Namun, jika mempertimbangkan andilnya membawa Juku Eja meraih juara, Pluim layak jadi nominasi pemain asing terbaik musim ini.

6 dari 7 halaman

Sho Yamamoto (Persebaya Surabaya)

Persebaya Surabaya tampaknya tidak begitu merasakan kehilangan sosok Taisei Marukawa musim ini. Sebab, mereka mendapatkan pemain pengganti yang cukup sepadan dalam sosok Sho Yamamoto.

Sebagai rekrutan baru Persebaya di BRI Liga 1 musim ini, Sho Yamamoto berhasil mengukir debut yang cukup manis. Sebab, dari 32 penampilannya, ia sukses membukukan sembilan gol dan sembilan assist.

Catatan ini membawa pemain berusia 26 tahun itu melambung tinggi sebagai penyumbang gol dan assist terbanyak di skuad asuhan Aji Santoso. Hal ini turut mempertegas peran dominan Sho bersama Bajul Ijo pada musim ini.

Dengan performa impresif ini, maka tak heran jika Persebaya Surabaya langsung memberikan perpanjangan kontrak bagi pemain kelahiran 12 November 1996 itu.

Ā 
7 dari 7 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 Musim Ini

Video Populer

Foto Populer