Sukses


5 Fenomena Persija Jakarta di BRI Liga 1 2022 / 2023: Konflik Kepentingan dengan Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta mengakhiri BRI Liga 1 2022/2023 dengan menyandang status sebagai runner-up. Mereka menempati posisi kedua klasemen akhir dengan torehan 66 poin.

Persija menutup musim dengan sempurna. Rio Fahmi dan kawan-kawan menang besar 5-0 saat menjamu PSS Sleman, Sabtu (15/4/2023) malam WIB.

Persija Jakarta tertinggal sembilan poin dari PSM Makassar yang dipastikan menjadi juara BRI Liga 1 2022/2023. Namun, Persija mampu mengungguli Persib Bandung yang harus puas dengan posisi ketiga.

Pencapaian sebagai runner-up ini layak disyukuri oleh Persija Jakarta. Apalagi jika melihat posisi mereka di musim lalu yang hanya menempati posisi kedelapan klasemen akhir.

Bola.com mengumpulkan lima fenomena menarik yang dialami Persija Jakarta di BRI Liga 1 2022/2023. Simak ulasannya di bawah ini.

2 dari 7 halaman

Konflik dengan Timnas

Persija Jakarta beberapa kali terlibat konflik kepentingan dengan Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur. Para penggawa Persija memang tampaknya menjadi favorit Shin Tae-yong.

Beberapa pemain muda andalan Persija harus lama meninggalkan klub mereka demi mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-20.

Timnas di level U-23 dan senior pun cukup sering menggunakan pemain Persija. Kondisi itu tentu menganggu stabilitas permainan Macan Kemayoran.

Sang pelatih, Thomas Doll beberapa kali sempat beteriak mengenai situasi tersebut. Namun, pada akhirnya Doll tak bisa berbuat apa-apa.

3 dari 7 halaman

Kembali ke Asia

Keberhasilan Persija Jakarta mengakhiri musim di posisi kedua membuat mereka dipastikan kembali berlaga di Asia untuk kompetisi musim depan.

Persija Jakarta akan menjadi salah satu wakil Indonesia di Piala AFC. Keberhasilan ini cukup spesial bagi Macan Kemayoran.

Mereka sudah cukup lama absen berlaga di Piala AFC. Terakhir kali mereka melakukannya pada edisi 2019.

4 dari 7 halaman

Terlahir Kembali

Ada dua pemain yang seperti terlahir kembali di skuad Persija Jakarta musim ini. Dua pemain tersebut adalah Hansamu Yama dan Riko Simanjuntak.

Dua pemain itu mampu tampil apik di bawah skema yang dibawa Thomas Doll. Hansamu bahkan tak hanya tangguh di belakang. Ia juga bisa diandalkan untuk mencetak gol.

Penampilan apik Hansamu dan Riko bersama Persija di musim ini membuat keduanya mendapatkan hadiah yang layak. Hansamu dan Riko kembali mendapatkan panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia.

 

 

5 dari 7 halaman

Lini Belakang Solid

Persija Jakarta memiliki lini belakang yang sangat solid di BRI Liga 1 2022/2023. Dari 34 laga, gawang Persija hanya kebobolan 27 kali.

Hanya PSM Makassar dengan catatan kebobolan 28 gol, yang mampu mendekati catatan Persija Jakarta di musim ini.

Persija memainkan skema tiga bek tengah di sepanjang musim ini. Skema itu sangat efektif untuk meredam serangan lawan. Ditambah dengan performa apik Andritany Ardhiyasa di sepanjang musim.

6 dari 7 halaman

Sekali Bermain di Jakarta

Persija Jakarta mengalami kesulitan lain di musim ini. Di sepanjang musim 2022/2023, hanya sekali Persija berlaga di Jakarta.

Itu pun terjadi pada laga terakhir saat mereka mampu menjamu PSS Sleman di Stadion Gelora Bung Karno. Laga itu disambut antusias oleh Jakmania.

Selebihnya, Persija lebih sering memainkan laga kandangnya di Jawa Barat. Stadion Wibawa Mukti dan Patriot Candrabhaga menjadi kandang favorit Persija di musim ini.

7 dari 7 halaman

Yuk Lihat Posisi Akhir Persija di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer