Sukses


Thomas Doll Minta Andritany Ardhiyasa Bersabar Menunggu Panggilan Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, meminta Andritany Ardhiyasa untuk bersabar demi menunggu panggilan kembali ke Timnas Indonesia.

Andritany bermain luar biasa untuk Persija Jakarta di BRI Liga 1 2022/2023. Kiper berusia 31 tahun itu mampu mencatatkan tiga statistik spesial.

Pertama, Andritany membuat Persija Jakarta menjadi tim dengan kebobolan tersedikit di musim ini. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu hanya kemasukan 27 gol dari 34 pertandingan.

Kedua, Andritany menjadi penjaga gawang dengan catatan clean sheet terbanyak di BRI Liga 1. Dari 34 penampilan alias tidak pernah absen, pemain yang karib dipanggil Bagol itu 15 kali tidak kebobolan.

2 dari 5 halaman

Komentar Thomas Doll

Ketiga, berdasarkan rangkuman dari PT Liga Indonesia Baru (LIB), Andritany adalah kiper tersibuk kedua di musim ini lewat 95 penyelamatan, hanya kalah tiga saves dari penjaga gawang Dewa United, Muhammad Natshir.

"Mungkin kapten kami, Andritany Ardhiyasa, harus sedikit lebih bersabar untuk kembali ke Timnas Indonesia," ujar Thomas Doll dinukil dari laman klub.

"Padahal, dia bermain sangat luar biasa di musim ini. Saya sangat senang dengan hal ini," tutur arsitek berkebangsaan Jerman tersebut.

3 dari 5 halaman

2 Pemain Persija Kembali ke Timnas Indonesia

Terkait Andritany, Thomas Doll berkaca dari dua pemain Persija yang mampu membela Timnas Indonesia lagi. Keduanya ialah Hansamu Yama dan Riko Simanjuntak.

"Kami bisa melihat setiap pekannya para pemain mengalami perkembangan, tidak hanya dari sisi taktikal," ungkap Thomas Doll.

"Pemain yang 1-2 musim sebelumnya tidak terlalu bagus lalu mereka bisa kembali ke performa terbaiknya hingga dipanggil Timnas Indonesia," terangnya.

4 dari 5 halaman

Belum Pernah Dipanggil Shin Tae-yong

Andritany sudah hampir empat tahun absen membela Timnas Indonesia. Saudara laki-laki dari bek Bhayangkara FC, Indra Kahfi, ini tidak pernah dipanggil sejak Shin Tae-yong melatih pada 2020.

Penampilan terakhir Andritany bersama Timnas Indonesia terjadi dalam babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 ketika dibantai Thailand 0-3 pada 10 September 2023.

Alih-alih Andritany, Shin Tae-yong lebih memilih Nadeo Argawinata, Syahrul Trisna, Muhammad Riyandi, Daffa Fasya, Ernando Ari Sutaryadi, hingga Adi Satryo di Timnas Indonesia dalam tiga tahun belakangan.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer