Sukses


5 Fenomena PSM Sepanjang BRI Liga 1 2022 / 2023: Tim Musafir yang Spesialis Comeback

Bola.com, Makassar - BRI Liga 1 2022/2023 sudah sepekan berlalu. Gelar juara musim ini menjadi milik PSM Makassar. Klub berjulukan Juku Eja itu menutup kompetisi dengan torehan 75 poin dari 34 pertandingan.

PSM Makassar memang tampil luar biasa sepanjang musim ini. Juku Eja memungkasi musim dengan sempurna. Wiljan Pluim dkk. menang telak 3-0 saat menjamu Borneo FC di Stadion Gelora B. J. Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Minggu (16/4/2023) malam WIB.

Sederet pemain senior berpengalaman dan pemain muda yang menghuni skuad PSM menjadi kekuatan tersendiri di Liga 1 musim ini. Kombinasi apik ini sukses membantu Juku Eja merengkuh gelar jawara setelah penantian 23 tahun.

Pencapaian sebagai jawara musim ini patut disyukuri oleh PSM Makassar. Apalagi jika melihat posisi mereka di musim lalu yang cuma finish di papan bawah atau posisi 14 klasemen akhir.

Sedikit flashback, Bola.com mengumpulkan lima fenomena menarik yang dialami PSM Makassar di BRI Liga 1 2022/2023. Simak ulasannya di bawah ini.

2 dari 6 halaman

Kuasai Puncak Klasemen Sejak Pekan ke-24

Sepanjang kompetisi, puncak klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023 pun silih-berganti. Selain PSM, Bali United, Persija Jakarta, Persib Bandung sempat beberapa kali menempati posisi teratas.

Namun, memasuki Februari keberuntungan seakan memihak kepada PSM Makassar. Ya, salah satu hal terpenting dari perjuangan Juku Eja menuju tangga juara musim ini yakni ketika mereka sukses menyapu bersih semua laga di bulan Februari dengan kemenangan.

Padahal pada Februari lalu, PSM Makassar harus melakoni lima pertandingan cukup berat. Tiga laga di antaranya bertandang ke markas Arema FC, Persib Bandung, dan Persebaya Surabaya.

Atas torehan itulah PSM Makassar makin nyaman di puncak klasemen. Pasukan Ramang meninggalkan dua kompetitornya yang kebetulan tengah bernasib sial.

Pasalnya, saat PSM sukses membungkam lawan-lawannya, Persib dan Persija justru harus gigit jari lantaran gagal mendulang poin penuh.

3 dari 6 halaman

Tim Spesialis Comeback

Mentalitas juara ditunjukkan PSM Makassar sepanjang musim 2022/2023. Mereka layak menyandang status spesialis comeback. Total Juku Eja mencatat lima comeback sensasional yang berujung kemenangan di Liga 1 musim ini.

Dua kali comeback diukir PSM ketika melawan RANS Nusantara FC. Pertemuan pertama terjadi pada pekan ke-4 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat. Dalam laga ini, PSM tertinggal lebih dulu lewat gol Mitsuru Maruoka di menit ke-31. Mereka lantas berbalik unggul via brace Everton Nascimento (48', 92').

Selanjutnya terjadi di Stadion Gelora B. J. Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan. PSM Makassar unggul 3-1 dalam laga ini. Setelah tertinggal lewat gol Ikhsan Zikrak di menit ke-29, mereka membalas melalui Ramadhan Sananta 66', dan brace Yakob Sayuri 70', 78'.

Korban PSM selanjutnya yakni Barito Putera. Dalam laga ini Laskar Antasari kena comeback dengan skor telak 4-1. Setelah itu, giliran Persib Bandung yang dibuat gigit jari setelah dibungkam PSM dengan skor 2-1. Terakhir, PSM Makassar mencatat comeback usai tertinggal dua kali di Stadion Gelora B. J. Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Minggu (5/3/2023).

Pasukan Ramang menyudahi perlawanan Persis Solo dengan skor akhir 3-2. Gol PSM dicetak oleh Yance Sayuri pada menit ke-62, Wiljan Pluim 69', dan Everton Nascimento 77'. Sedangkan gol Persis dilesakkan Ryo Matsumura 32', serta Fernando Rodriguez 66'.

4 dari 6 halaman

Kunci Gelar Juara di Pekan ke-32

PSM Makassar mengunci gelar lebih cepat sebelum BRI Liga 1 2022/2023 rampung. Mereka memastikan gelar juara pada akhir Maret lalu, setelah menumbangkan Madura United dengan skor 3-2 pada laga pekan ke-32 di Stadion Ratu Pamelingan, pamekasan, Jumat (31/3/2023).

Dalam duel tersebut, tiga gol Juku Eja dicetak oleh Wiljan Pluim (4’ dan 10’) serta Kenzo Nambu (48’). Adapun satu-satunya gol balasan tim tuan rumah datang dari Hugo Gomes (51’).

Kemenangan tersebut membikin anak asuh Bernardo Tavares itu berhasil mengoleksi 72 poin dari 32 pertandingan. Jumlah ini sudah dipastikan tak terkejar oleh para pesaingnya hingga akhir musim.

5 dari 6 halaman

Tiga Kali Kalah

PSM Makassar tampil begitu impresif di Liga 1 2022/2023. Mereka menjadi tim dengan kekalahan paling sedikit. Tercatat, Juku Eja hanya tiga kali menelan kekalahan.

Tiga tim yang bisa menaklukkan PSM Makassar yakni Madura United, Persija Jakarta, dan PSIS Semarang.

Kekalahan pertama PSM terjadi saat menjamu Madura United pada 15 Desember 2022. Laga yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman itu berakhir dengan skor tipis 0-1.

Kemudian, hasil minor kedua diderita PSM kala bertandang ke markas Persija Jakarta. Wiljan Pluim cs. dipermalukan Macan Kemayoran dengan skor 4-2 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi (25/1/2023).

Terakhir, Pasukan Ramang harus mengakui keunggulan tuan rumah PSIS Semarang. Pada laga pekan ke-33 itu, PSM menyerah dengan skor telak 0-4 di Stadion Jatidiri, Semarang, Kamis (6/4/2023).

6 dari 6 halaman

Juara Tanpa Stadion

PSM Makassar menjuarai BRI Liga 1 2022/2023 dengan menumpang kandang di Parepare, Sulawesi Selatan. Tepatnya di Stadion Gelora B. J. Habibie yang digunakan sebagai homebase sementara, lantaran tak ada stadion representatif di Makassar.

Pasalnya, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging yang menjadi markas PSM selama ini resmi dibongkar pada 2020 silam. Alhasil, PSM terpaksa mencari stadion alternatif untuk mengarungi kompetisi Liga 1.

Pada musim ini, Pasukan Ramang harus berkandang jauh dari Kota Makassar. PSM Makassar menempuh jarak kurang lebih 150 kilometer untuk bisa bermain di Stadion Gelora B. J. Habibie.

Meski begitu, kondisi tersebut tak menjadi halangan bagi Juku Eja berprestasi di kancah Liga 1. Dengan segala kekurangan, PSM mampu memberikan penampilan terbaik dan menyabet gelar juara musim ini.

Video Populer

Foto Populer