Sukses


Thomas Doll Cerita ke Media Jerman terkait Pengalaman Melatih di Persija: Dilarang Bawa Mobil hingga Wawancara Blak-blakan

Bola.com, Hamburg - Thomas Doll sudah pulang kampung ke Jerman sejak beberapa waktu yang lalu. Di sana, pelatih Persija Jakarta ini menceritakan pengalamannya berkarier di Indonesia dengan media negaranya, Bild.

Bild melaporkan bahwa selama di Jerman, Thomas Doll bereuni dengan mantan koleganya di Hamburg SV, klub yang dibawanya lolos ke Liga Champions pada 2006/2007.

Arsitek berusia 57 tahun itu bertemy dengan Wakil Presiden Hamburg SV, Bernd Wehmeyer, eks dokter Hamburg SV, dr. Gerold Schwartz, hingga mantan pemain Hamburg SV, Carsten Kober.

Thomas Doll bernostalgia bersama para rekan sejawatnya itu di restoran Italia yang terletak di Hamburg, utara Jerman.

2 dari 6 halaman

Kisah Thomas Doll

Selama memoles Persija Jakarta di BRI Liga 1 2022/2023, Thomas Doll dilarang mengemudi. Pertimbangan keamanan disebut menajdi penyebabnya.

"Mantan pemain Timnas Jerman itu memberitahu teman-temannya bagaimana rasanya ketika tempat tinggalnya yang berjumlah 60 lantai terkena gempa dan harus keluar secepat mungkin melalui tangga," tulis Bild.

"Atau bagaimana Persija tiba-tiba dibawa ke bandara oleh petugas keamanan dengan kendaraan lapis baja setelah tragedi Kanjuruhan di Malang," ungkap Bild.

3 dari 6 halaman

Target Musim Depan

Thomas Doll juga mengungkapkan target Persija untuk musim depan. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu ingin dibawanya menjuarai Liga 1 2023/2024.

Pada musim lalu, setelah mengalami musim yang bak roller coaster, Thomas Doll mampu mengantar Persija menjadi runner-up Liga 1 2022/2023 sesudah bersaing ketat dengan Persib Bandung.

"Sungguh luar biasa bisa berbagi kenangan dengan teman-teman saya," ujar Thomas Doll dinukil dari Bild.

4 dari 6 halaman

Blak-blakan

"Setelah musim lalu berada di posisi kedua, kami ingin menjadi juara. Kami pasti akan memiliki tim yang lebih kuat," tuturnya.

Karakteristik Thomas Doll yang sering blak-blakan dalam setiap konferensi pers atau sesi wawancara juga menjadi perhatian dari Bild.

5 dari 6 halaman

Ungkapan Thomas Doll

Thomas Doll memang acap buka-bukaan dengan kondisi sepak bola Indonesia. Dia bahkan sempat menyerang pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, secara terbuka.

"Saya harus bisa mengungkapkan ketidakpuasan saya terhadap hal-hal atau struktural dalam olahraga. Begitulah saya dan itu hal yang baik di klub saya," ucap Thomas Doll.

Sumber: Bild

6 dari 6 halaman

Posisi Persija Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer