Sukses


Jejak Tim Asia Tenggara di Piala Asia: Myanmar Pernah Jadi Runner-up

Bola.com, Jakarta - Negara-negara dari Asia Timur dan Asia Barat selama ini terus mendominasi Piala Asia. Dua region di Asia itu sudah menghasilkan tujuh pemenang di ajang Piala Asia.

Timnas Jepang saat ini masih menjadi kolektor gelar terbanyak di Piala Asia. Tim berjulukan Samurai Blue itu memiliki empat gelar juara.

Di posisi kedua ada duo tim dari Asia Barat yakni Timnas Iran dan Timnas Arab Suadi. Keduanya sejauh ini sama-sama memiliki tiga gelar juara di Piala Asia.

Sementara itu, tim-tim dari Asia Tenggara masih belum terdengar keras gaungnya di Piala Asia. Namun, mereka sempat tampil lumayan apik pada edisi awal turnamen tersebut.

Misalnya apa yang dialami Vietnam. Mereka yang saat ini masih bernama Vietnam Selatan berhasil dua kali lolos ke semifinal Piala Asia, yakni pada edisi 1958 dan 1960.

2 dari 5 halaman

Runner-up

Timnas Myanmar (dahulu Burma) juga pernah mencatatkan rekor apik di Piala Asia. Myanmar saat itu mampu menembus posisi runner-up di Piala Asia 1968.

Ajang yang saat itu digelar di Iran hanya diikuti oleh lima tim. Mereka adalah Iran, Hong Kong, Israel, dan Chinese Taipei.

Sayangnya, Myanmar gagal menjadi juara. Aung Khin dkk kalah dari tuan rumah, Iran yang menjadi juara. Saat itu Piala Asia menggunakan sistem round robin.

3 dari 5 halaman

Posisi Ketiga

Kiprah Timnas Thailand di Piala Asia juga cukup diperhitungkan. The War Elephant, pernah menduduki posisi ketiga di Piala Asia 1972.

Saat itu Timnas Thailand menjadi tuan rumah. Setelah mengakhiri babak grup di posisi runner-up, Thailand berhak lolos ke babak semifinal.

Sayangnya, laju Timnas Thailand dihentikan Timnas Korea Selatan saat itu. Namun, Thailand tetap puas dengan posisi ketiga setelah menang atas Khmer Republik yang sekarang menjadi bagian dari Kamboja di laga perebutan posisi ketiga.

4 dari 5 halaman

Perempat Final

Piala Asia 2007 menjadi sejarah besar bagi sepak bola Asia Tenggara. Empat negara Asia Tenggara yakni, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam menjadi tuan rumah bersama ajang itu.

Timnas Vietnam pun tampil apik di ajang itu. Setelah penampilan apik mereka pada era 1970-an dengan nama Vietnam Selatan, Piala Asia 2017 menjadi penampilan terbaik tim Asia Tenggara di era modern.

Saat itu Timnas Vietnam berhasil lolos ke perempat final. Le Chong Vinh dkk menjadi runner-up Grup B dengan empat poin. Mereka menyingkirkan Qatar dan Uni Emirat Arab di fase grup.

Sayangnya, laju Timnas Vietnam terhenti di babak perempat final. Mereka kalah 0-2 dari Timnas Irak yang akhirnya menjadi juara.

5 dari 5 halaman

Dua Kemenangan

Timnas Indonesia menjalani debut di Piala Asia 1996. Sejauh ini Skuad Garuda sudah lima kali tampil di putaran final Piala Asia, yakni pada 1996, 2000, 2004, 2007, dan 2023.

Penampilan terbaik Timnas Indonesia di ajang Piala Asia terjadi pada Piala Asia 2004 dan 2007. Pada Piala Asia 2004, Bambang Pamungkas dkk meraih kemenangan perdana 2-1 atas Timnas Qatar.

Kemenangan kedua untuk Timnas Indonesia hadir di Piala Asia 2007. Skuad asuhan Ivan Kolev saat itu menang 2-1 atas Timnas Bahrain di Stadion Gelora Bung Karno.

Sayangnya, sejuah ini Tinmnas Indonesia masih belum berhasil lolos dari babak grup. Prestasi serupa juga dicatatkan Timnas Malaysia. Meski Harimau Malaya baru empat kali lolos ke putaran final Piala Asia.

Video Populer

Foto Populer