Sukses


Biaya Datangkan Argentina untuk Lawan Timnas Indonesia Disebut Rp74 Miliar, Erick Thohir: Kenapa PSSI Dipikir Miskin?

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, merahasiakan rapat-rapat terkait biaya mendatangkan Timnas Argentina untuk beruji coba dengan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday Juni 2023.

PSSI baru saja mengumumkan secara resmi bahwa Timnas Indonesia akan berlatih tanding dengan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 19 Juni 2023.

Media Amerika Serikat, New York Times, sempat mengulas bahwa dana untuk mendatangkan Argentina setelah menjadi juara Piala Dunia 2022 Qatar mencapai 5 juta USD atau setara dengan Rp74 miliar.

"Tentu kita jangan hiruk-pikuk mengenai berapa dibayar, berapa soal ini. Kok tidak percaya dengan PSSI. Seakan PSSI ini miskin?" ucap Erick Thohir dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Rabu (24/5/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Memangnya PSSI Miskin?

Uji coba melawan Argentina menjadi hajatan besar bagi PSSI. Apalagi, Argentina tengah naik daun setelah menjuarai Piala Dunia 2022.

"Ini kan bukan kaleng-kaleng nih. Ini sengaja saya datang pakai jas. Jadi, intinya jangan bicara uang. Kalian mesti yakin kami sedang bangun PSSI yang transparan dan bukan cuma komersial, tapi pembangunan mental. Harganya tidak bisa dihitung dengan uang."

"Kalau soal anggaran, apakah PSSI miskin? Kita harus biasakan PSSI profesional soal anggaran. Kalau soal anggaran, kenapa sih dipikir PSSI miskin. Kita harus biasakan. PSSI juga berprofesional dalam mengelola anggaran," ungkap Erick Thohir.

3 dari 4 halaman

Dananya dari Mana?

Lantas, apakah PSSI menggunakan dana organisasi untuk membawa Argentina? Atau menggandeng sponsor mengingat jabatan Erick Thohir yang juga sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI?

"Tidak percaya lagi? Ini sudah pakai dasi. Jelek-jelek begini dulu pemilik Inter Milan. Setiap tahun PSSI akan ada audit. Kami buka kepada publik," tutur Erick Thohir.

"Biarkan PSSI susun keuangan dengan baik. Jangan PSSI begini mulu hidupnya. Tapi kalau ada orang yang mau menyumbang, alhamdulillah," jelas Erick Thohir.

 

4 dari 4 halaman

2 Laga

Pada FIFA Matchday terdekat, Timnas Indonesia akan lebih dulu beruji coba dengan Timnas Palestina pada 14 Juni 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Timnas Indonesia bakal memulai persiapan pada 5 atau 6 Juni 2023 untuk menghadapi kedua negara itu. Armada Shin Tae-yong itu dikabarkan akan memanggil 26 pemain.

Video Populer

Foto Populer