Sukses


Liga 1: Pernah Bobol Persija di Piala AFC Jadi Alasan Song Ui-young Gabung Persebaya

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya secara resmi memperkenalkan gelandang rekrutan anyar Song Ui-young. Sebelumnya, namanya diperkenalkan sebagai pemain asing anyar Bajul Ijo di akun media sosial.

Pihak klub lantas memperkenalkan gelandang berpaspor Singapura itu kepada awak media di Persebaya Store, Kompleks Sutos, Surabaya, Sabtu (3/6/2023) sore. Dia datang ditemani oleh sang agen, Gabriel Budi.

Gelandang berusia 29 tahun itu mengaku sangat berantusias besar menjalani karier barunya di Indonesia. Menariknya, Song Ui-young memutuskan bergabung Persebaya karena pernah menghadapi Persija Jakarta. Lantas, apa hubungannya?

“Ini musim pertama saya di liga Indonesia. Saya pernah melawan Persija di Piala AFC tahun 2018. Waktu itu kami mengalahkan Persija. Di Timnas Singapura saya juga pernah melawan Timnas Indonesia,” kata Song Ui-young.

“Dari situ, saya menyadari bahwa liga Indonesia berjalan keras dan cepat. Saya melihat animo suporter yang luar biasa. Saya melihat kompetisi bisa meningkat dengan baik,” imbuh pemain kelahiran Incheon, Korea Selatan, itu.

2 dari 5 halaman

Demi Proyek Besar

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Persebaya (@officialpersebaya)

Pertandingan yang dimaksud oleh Song adalah saat dia masih membela Home United, klub kasta teratas Singapura. Saat itu, timnya berjumpa dengan Macan Kemayoran dalam babak zonal semi final Piala AFC 2018.

Home United mampu menang dua kali dalam dua leg, masing-masing dengan skor 3-2 dan 3-1. Song sendiri berhasil mencetak dua gol, masing-masing satu gol dalam dua pertandingan yang berbeda.

Di leg kedua, pertandingan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 15 Mei 2018. Pertandingan itulah yang membuatnya takjub dengan animo suporter Indonesia yang begitu besar untuk klub.

Di sisi lain, dia melihat bahwa Persebaya memiliki agenda serius untuk menatap musim 2023/2024. Klub asal Kota Pahlawan itu memasang target juara Liga 1.

“Persebaya punya proyek yang serius. Saya melihat orang Surabaya dengan animo suporter. Makanya, saya memutuskan bermain untuk Persebaya,” ucapnya.

3 dari 5 halaman

Lama di Singapura

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Persebaya (@officialpersebaya)

Song Ui-young merupakan pemain asal Korea Selatan yang menghabiskan kariernya di Singapura. Dia pernah membela Home United hingga berganti nama menjadi Lion City Sailors pada medio 2011-2023.

Berkat statusnya itu, dia lantas menjadi pemain naturalisasi yang mendapat paspor Singapura pada 2021. Dia pun tercatat telah membukukan tiga gol dalam 16 pertandingan bersama Timnas Singapura.

4 dari 5 halaman

Sempat Cicipi Karier di Thailand

Pada awal 2023, dia sempat hijrah ke Thailand dengan berseragam Nongbua Pitchaya dan tampil dalam delapan pertandingan Thai League 1.

Dengan pengalamannya di Asia Tenggara, tentu menarik untuk menyaksikan kiprah Song Ui-young bersama Persebaya. Apalagi, sudah ada gelandang asing Ze Valente di lini tengah klub Bajul Ijo.

5 dari 5 halaman

Tengok Posisi Persebaya di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer